Digelar Virtual, AEHEF 2023 Perkuat Investasi dan Hubungan Global

Sabtu, 02 September 2023 - 20:40 WIB
loading...
Digelar Virtual, AEHEF 2023 Perkuat Investasi dan Hubungan Global
Pameran Pendidikan Tinggi ASEAN-Uni Eropa (AEHEF) 2023 digelar virtual. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pameran Pendidikan Tinggi ASEAN-Uni Eropa (AEHEF) 2023 digelar virtual hari ini. Pembelajaran di ruang virtual tersebut akan memperkuat investasi dan hubungan global.

"Ini sejalan dengan strategi Gerbang Global Uni Eropa yang mendukung memperkuat investasi dan hubungan global. Uni Eropa di sini juga akan memfasilitasi mobilitas siswa, staf, guru, dan peserta pelatihan, dengan dukungan dari program Erasmus+," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Sujiro Seam dalam pernyataannya, Sabtu (2/9/2023).

Dia mengatakan pameran pendidikan tinggi virtual ini memungkinkan penyebaran informasi tentang peluang studi di Uni Eropa dan ASEAN kepada lebih banyak mahasiswa dan akademisi dari seluruh Uni Eropa dan ASEAN. Pendidikan tinggi dan mahasiswa selalu menjadi elemen penting dalam hubungan Uni Eropa dengan ASEAN.

"Mobilitas mahasiswa pendidikan tinggi dipandang memainkan peran penting di masa depan kedua wilayah, dan memperkuat konektivitas antar masyarakat di kedua wilayah," kata dia.



Berdasarkan laporan, banyak pilihan prodi dan beasiswa pameran virtual Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa (UE) ini bakal memanfaatkan keunggulan dan keragaman akademik dari kedua benua. AEHEF adalah salah satu pintu gerbang terbesar menuju pendidikan tinggi dan peluang pengembangan karir akademis di Eropa dan Asia Tenggara bagi mahasiswa, peneliti, dan institusi pendidikan tinggi.

Tahun ini, AEHEF 2023 menyoroti kekayaan dan keberagaman sistem pendidikan di ASEAN dan Uni Eropa, sehingga para peserta dapat memperoleh manfaat dari keunggulan akademis, program pendidikan, beasiswa, dan peluang mobilitas di kedua kawasan.

Sementara, Direktur Pembangunan Manusia pada Sekretariat ASEAN Rodora T. Babaran mengatakan Sekretariat ASEAN bangga menyelenggarakan acara ini bekerja sama dengan Uni Eropa yang sejalan dengan Peta Jalan Ruang Pendidikan Tinggi ASEAN 2025.

"Dalam Ruang Pendidikan Tinggi ASEAN tersebut, kami memimpikan Perguruan Tinggi ASEAN yang tangguh dan berkelanjutan dan mampu menggerakkan harmonisasi dan internasionalisasi sistem pendidikan tinggi di kawasan ini," ujarnya.

Duta Besar, Wakil Tetap Republik Filipina untuk ASEAN, Koordinator Negara untuk Hubungan Dialog ASEAN-Uni Eropa, Hjayceelyn Mancenido Quintana menekankan, AEHEF akan berkontribusi pada upaya ASEAN untuk mempromosikan akses terhadap pendidikan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)