Tren Deflasi Diprediksi Sulit Berlanjut

Senin, 03 April 2017 - 14:03 WIB
Tren Deflasi Diprediksi Sulit Berlanjut
Tren Deflasi Diprediksi Sulit Berlanjut
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, melihat deflasi yang terjadi pada Maret 2017 yang sebesar 0,02%, dirinya beranggapan, kondisi yang sama belum tentu terjadi di bulan-bulan berikutnya. Apalagi bulan Mei-Juni Indonesia akan menghadapi musim ramadhan dan lebaran.

(Baca Juga: Di Luar Perkiraan, BPS Catat Maret 2017 Deflasi 0,02%
Lebih lanjut dia menambahkan, hal ini karena inflasi bulanan tidak saling berhubungan satu sama lain antar bulan. Begitupun dengan inflasi dari hari ke hari yang pengaruhnya juga sangat sedikit.

"Belum tentu (deflasi/inflasinya rendah), karena tiap bulan kan beda-beda karena antar-antar bulan itu enggak berhubungan, kecuali kalau misalnya beda-beda hari. Tapi untuk inflasi, beda hari juga enggak terlalu berpengaruh," kata Sasmito di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Melihat kondisi inflasi yang belum dipastikan ini, Sasmito menghimbau agar harga-harga tetap dikontrol dengan baik setiap bulannya. Hal ini karena dapat dipastikan harga-harga yang demandnya tinggi seperti cabai, daging-dagingan dan yang lainnya, bakal mengalami kenaikan harga. Kondisi ini harus diperhatikan oleh pemerintah sebagai pengendali harga.

"Tiap bulan harus dikontrol dengan baik. Karena kalau di lebaran dan ramadhan pasti komoditas-komoditas tertentu demandnya tinggi, dan itu harus diantisipasi kenaikannya oleh pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto juga mengingatkan meskipun bulan ini terjadi deflasi, namun bulan Mei dan Juni adalah bulan-bulan yang patut diwaspadai karena Ramadhan dan Lebaran akan datang. "Jadi biasanya selalu terjadi kenaikan harga di bulan-bulan itu, tapi mudah-mudahan pemerintah bisa kendalikan harga untuk bahan pokok agar inflasi kita tak terlalu tinggi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4988 seconds (0.1#10.140)