Ekonomi AS Mulai Sehat, Sri Mulyani Pantau Kebijakan Trump

Senin, 03 April 2017 - 14:44 WIB
Ekonomi AS Mulai Sehat, Sri Mulyani Pantau Kebijakan Trump
Ekonomi AS Mulai Sehat, Sri Mulyani Pantau Kebijakan Trump
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, perekonomian Amerika Serikat (AS) sudah terbilang sehat. Namun, menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu AS memiliki Presiden yang kebijakannya kerap kontroversial yakni Donald Trump.

Wanita yang akrab disapa Ani ini menambahkan, Trump memiliki kebijakan yang sulit dicerna. Salah satunya dengan menaruh tiap keputusan di media sosial. "Kalau kita lihat, ekonomi Amerika sudah agak sehat. Sekarang, mereka punya Presiden yang susah karena kebijakannya ditaruh di Twitter terus," ujarnya di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Salah satu kebijakan Trump yang menjadi sorotan yaitu proteksionisme. Langkah itu dinilainya dilakukan karena banyak negara yang ambil untung dari perdagangan dengan AS. "Proteksionisme, yang mengalami surplus akan dilihat apakah mereka memiliki daya kompetisi yang tidak fair ke Amerika? China, Kanada, Jerman, dan lain-lain," sambung dua.

Sementara menurut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi China saat ini padahal sudah tidak setinggi puluhan tahun lalu. Pada era Orde Baru, perekonomian China stabil di level 7%. "Zaman Pak Harto 7% selama 30 tahun. China enggak mungkin bertumbuh dengan cara yang sama," paparnya.

Menurut dia kekuatan ekonomi dunia mulai meredup sejak 2013. Sampai saat ini, banyak negara masih kehilangan daya dorong terhadap pertumbuhan perekonomiannya. "Ekonomi dunia mulai tahun 2013 kehilangan daya dorong mesin pertumbuhannya," ungkapnya dalam seminar yang bertajuk “Kondisi Ekonomi Tahun 2017 dan Tantangannya bagi UMKM" yang diselenggarakan YDBA Astra.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8074 seconds (0.1#10.140)