Jokowi Sebut KTT ASEAN Bawa Manfaat Konkret untuk Rakyat, Ini Buktinya

Kamis, 07 September 2023 - 19:18 WIB
loading...
Jokowi Sebut KTT ASEAN Bawa Manfaat Konkret untuk Rakyat, Ini Buktinya
Jokowi mengungkap manfaat konkret KTT ASEAN di bidang ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menegaskan bahwa pertemuan KTT ASEAN 2023 yang diketuai Indonesia membawa manfaat yang konkret untuk rakyat, khususnya dalam bidang ekonomi. Dari pertemuan tersebut, Jokowi menyebutkan bahwa sudah banyak keputusan yang dihasilkan.



"Termasuk tadi yang sudah saya sampaikan, salah satunya deklarasi epicentrum of growth," ungkap Jokowi dalam Konferensi Pers ASEAN 2023 di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan bahwa bukti konkret lainnya tampak di bidang pengembangan baterai kendaraan listrik/electric vehicle (EV) dan transaksi lintas batas hingga transaksi menggunakan mata uang lokal.

"Kemudian pengembangan ekosistem EV baterai, dan percepatan pelaksanaan regional cross border payment dan local currency transaction," ucap Jokowi.

Bahkan, dia menyebut bahwa penyelenggaraan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) yang digelar pada Selasa dan Rabu, 5-6 September 2023 juga memberikan hasil yang konkret dengan 93 proyek senilai USD38,2 miliar atau setara Rp585,3 triliun (kurs Rp15.323/USD).



"Untuk pelaksanaan AIPF sudah menghasilkan, ini konkret. Menghasilkan 93 proyek senilai USD38,2 miliar. Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat," tandas Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)