China Larang PNS Pakai iPhone, Wall Street Berakhir Merana

Jum'at, 08 September 2023 - 07:46 WIB
loading...
China Larang PNS Pakai iPhone, Wall Street Berakhir Merana
Wall Street ditutup melemah dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq mengalami penurunan pada perdagangan Kamis (7/9/2023) waktu setempat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup melemah dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq mengalami penurunan pada perdagangan Kamis (7/9/2023) waktu setempat dengan hambatan terbesar dari Apple dan aksi jual saham-saham chip karena kekhawatiran mengenai pembatasan iPhone di China . Sementara penurunan klaim pengangguran mingguan AS menambah kekhawatiran mengenai suku bunga dan inflasi yang tinggi.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 57,54 poin, atau 0,17%, menjadi 34.500,73, S&P 500 (.SPX) kehilangan 14,34 poin, atau 0,32%, menjadi 4.451,14 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 123,64 poin, atau 0,89% menjadi 13.748,83.

Saham kelas berat S&P Apple Inc (AAPL.O) turun 2,9%, untuk kerugian hari kedua berturut-turut di tengah berita bahwa Tiongkok telah memperluas pembatasan penggunaan iPhone oleh pegawai negeri, yang mengharuskan staf di beberapa lembaga pemerintah pusat untuk berhenti menggunakan ponsel mereka di tempat kerja. .

Bloomberg melaporkan bahwa China berencana memperluas larangan iPhone ke perusahaan dan lembaga negara. Hambatan dari Apple, pemasoknya, dan perusahaan-perusahaan dengan eksposur besar ke China mendorong sektor teknologi S&P 500 (.SPLRCT) turun 1,6%, menjadikannya sektor dengan persentase penurunan terbesar di antara 11 sektor utama yang dijadikan acuan.



Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran turun menjadi 216.000 untuk pekan yang berakhir 2 September, mencapai level terendah sejak Februari. Namun investor khawatir hal ini akan membantu mendorong Federal Reserve untuk melanjutkan kebijakan moneter ketat, sehingga menekan saham.

"Klaim mingguan adalah berita besar pagi ini, kabar baik ditafsirkan sebagai berita buruk dan sulit untuk mengabaikan berita dari Tiongkok" tentang Apple kata Sahak Manuelian, direktur pelaksana dan kepala perdagangan ekuitas di Wedbush Securities.

Investor juga dengan hati-hati mengantisipasi angka inflasi bulan Agustus, yang akan jatuh tempo seminggu lagi.

Salah satu penyebabnya adalah kenaikan tajam harga minyak baru-baru ini, Manuelian menunjukkan adanya "kekhawatiran di kalangan investor bahwa inflasi mungkin akan mulai meningkat lagi, dan hal ini bukanlah hal yang gila."

Taruhan pada The Fed untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan September mencapai 93%, namun peluang untuk jeda lagi dalam pertemuan bulan November jauh lebih rendah yaitu sebesar 53,5%, menurut FedWatch Tool dari CME Group.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3694 seconds (0.1#10.140)