Perbandingan Harga Pertalite dengan Pertamax Green 92, Mana Lebih Murah?

Jum'at, 08 September 2023 - 13:52 WIB
loading...
Perbandingan Harga Pertalite dengan Pertamax Green 92, Mana Lebih Murah?
Perbedaan Pertalite dengan Pertamax Green 92. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Opsi mengalirkan subsidi ke Pertamax Green 92 untuk meningkatkan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan lebih tinggi menggantikan Pertalite sedang dibahas pemerintah.

Rencana penghapusan Pertalite dengan memberikan subsidi ke Pertamax Green 92 untuk membenahi kualitas udara yang semakin buruk. Mengingat sumber utama polusi adalah emisi dari BBM berkualitas rendah.



Pertalite memiliki kualitas di bawah standar Euro 2. Namun, konsumsinya paling dominan dibandingkan BBM jenis lain dengan oktan lebih tinggi. Sedangkan Pertamax sudah lolos emisi Euro 4.

Pergeseran Pertalite ke RON 92 sejalan dengan yang diamanatkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengenai baku mutu emisi gas buang.



Pengapusan Pertalite saat ini sedang dikaji dalam Program Langit Biru Tahap II dan masih menunggu keputusan pemerintah karena terkait dengan penyaluran subsidi. Pemerintah pun berencana mengalihkan subsidi dari barang diberikan langsung kepada warga yang kurang mampu. Lantas apa bedanya Pertalite dengan Pertamax Green 92?

1. Kadar Oktan

Pertalite memiliki kadar oktan RON 90 sedangkan Pertamax Green 92 memiliki RON 92 dengan campuran ethanol 7%.

2. Emisi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)