Perhatikan! Begini Beri Pertolongan Pertama untuk Penderita Asma

Jum'at, 15 September 2023 - 22:03 WIB
loading...
Perhatikan! Begini Beri Pertolongan Pertama untuk Penderita Asma
Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana cara memberi pertolongan pertama pada penderita asma. Foto/ wp.
A A A
JAKARTA - Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Ketika paru-paru mengalami iritasi, saluran pernapasan menyempit sehingga udara yang masuk dalam paru-paru menjadi terbatas. Jadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara memberi pertolongan pertama pada penderita asma.

Penderita asma akan mengalami sesak napas ketika terpapar debu, asap rokok, bulu bintangan dan sebagainya. Apalagi, saat polusi udara meningkat seperti sekarang ini, penderita asma yang masuk kategori rentan pun harus memakai masker dan melakukan perlindungan diri lebih ekstra.



Lantas, bagaimana bila asma kambuh dan apa yang harus dilakukan? Pertanyaan itu tentu saja banyak ditanyakan oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang masih awam tentang penyakit tersebut.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) dalam cuitannya di Twitter menjelaskan tentang pertolongan pertama pada orang dengan asma ketika mengalami serangan.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan oksigen pada penderita asma . Namun, dia menyadari tidak semua orang menyediakan tabung oksigen di rumahnya.

“Maka perhatikan, biasanya orang dengan asma itu minum obat. Jadi segera berikan obatnya. Seperti obat inhalasi atau obat yang dihisap maupun dihirup,” tulisnya dalam cuitannya di Twitter pada Jumat (15/9/2023).

Dokter Erlina menambahkan ketika sesaknya tidak berkurang bahkan sulit berbicara, sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit.



“Bahkan sampai bibirnya kebiruan, maka harus segera dibawa ke rumah sakit karena merupakan tanda-tanda kondisi yang serius,” tuturnya.

Itu dia pertolongan pertama orang dengan asma . Semoga selalu diberikan kesehatan untuk kita semua.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3032 seconds (0.1#10.140)