Urutan UMR Negara ASEAN Paling Tinggi, Nomor 1 Gaji Satpam Paling Kecil Rp18,6 Juta

Sabtu, 16 September 2023 - 19:20 WIB
loading...
Urutan UMR Negara ASEAN Paling Tinggi, Nomor 1 Gaji Satpam Paling Kecil Rp18,6 Juta
Satpam di Singapura mendapatkan gaji yang sangat besar dibanding satpam di Indonesia. Foto/CNA
A A A
JAKARTA - Upah minimum regional ( UMR ) ASEAN memiliki besaran yang berbeda-beda, ada yang dinilai kecil sekali ada juga yang terbilang amat besar. Perbedaan upah pekerja formal di antara negara ASEAN disebabkan oleh beberapa faktor yang saling terkait, seperti biaya hidup, kebijakan pemerintah, pasar tenaga kerja, dan skala serta kondisi ekonomi.



Singapura dengan biaya hidup yang mahal, menjadi negara ASEAN yang memberikan gaji tertinggi buat para pekerja di sana. Berdasarkan model upah progresif atau The Progressive Wage Model (PMW), Singapura menetapkan upah minimal menurut bidang usaha dan tingkatan pekerjaaan.

Sektor kebersihan menjadi bidang usaha yang memiliki gaji paling kecil dibanding sektor lain. Pekerja di sektor kebersihan paling rendah di Singapura adalah Rp14,8 juta. Sektor usaha lain seperti keamanan dan sopir memiliki gaji yang lebih tinggi lagi dibanding bidang kebersihan.

Lalu bagaimana dengan upah minimal atau UMR di negara lain? Mengutip WageCenter, ini urutan negara ASEAN yang memiliki UMR tertinggi.

1. Singapura
Berdasarkan data WageCenter, Singapura tak mematok UMR. Negeri Singa ini memberikan gaji pekerja dengan rata-rata USD4.985 atau Rp74,7 juta. Gaji itu berdasarkan perhitungan semua jenis bidang usaha.
Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan skema PMW Singapura menentapkan upah minimal berdasarkan sektor usaha dan tingkatan pekerjaan. Bidang usaha dengan gaji paling rendah di Singapura ada sektor jasa kebersihan atau celaning service. Gaji paling rendah di sektor ini adalah Rp14,8 juta.
Di sektor pengamanan atau satpam, gaji paling rendahnya adalah Rp18,6 juta. Sedangkan sopir penuh waktu gaji terendahnya adalah Rp19,7 juta.

2. Brunei Darusalam
Brunei belum lama ini memperkenalkan kebijakan upah minimum baru di semua sektor industri swasta. Pekerja penuh waktu di bidang perbankan, keuangan, dan TIK berhak atas gaji minimum USD500 per bulan atau setara Rp7,5 juta.

3. Malaysia
Jiran ini memberikan UMR yang lebih tinggi di Indonesia. Upah minimum di Malaysia adalah USD340 per bulan. Upah itu setara Rp5,1 juta.

4. Indonesia
Indonesia menduduki posisi keempat di negara ASEAN yang memberikan UMR tertinggi. UMR atau UMP di Indonesia berkisar antara Rp1,9 juta hingga Rp5,1 juta.

5. Filipina
Berada di bawah Indonesia, Filipina memberikan upah minimum sebesar USD300 per bulan atau Rp4,5 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)