Sandiaga Uno Berdayakan Pemuda Desa Wujudkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Sabtu, 16 September 2023 - 21:44 WIB
loading...
Sandiaga Uno Berdayakan Pemuda Desa Wujudkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memimpin langsung pelatihan branding dan digital marketing UMKM di Solo, Jumat (16/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memimpin langsung pelatihan branding dan digital marketing sebagai solusi penggerak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tujuan mencapai kemandirian desa.

Kegiatan berlangsung di Hetero Space, Solo, Jawa Tengah. Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai kalangan serta Ikatan Pemuda Desa Indonesia (IPDA) dan pihak Hetero Space, juga melibatkan paguyuban UMKM Solo yang memamerkan beragam produk kreatif terbaik. Menparekraf berkomitmen untuk membantu dalam hal branding dan pemasaran digital.

"Terima kasih teman-teman IPDA dan jajarannya serta Hetero Space juga, ada paguyuban UMKM Solo yang pagi ini menampilkan produk-produk kreasi terbaik yang akan kita bantu dengan branding dan digital marketing," ungkap Sandiaga, Jumat (15/9/2023).



Sebuah insight yang penting diungkapkan oleh Sandiaga, yaitu promosi yang tepat bisa meningkatkan penjualan hingga 35%. Hal ini bukan hanya tentang peningkatan penjualan, tetapi juga membuka peluang usaha baru yang berarti, sehingga dapat membantu mewujudkan target penciptaan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2024. Ini adalah komitmen penuh dari pemerintah dalam mendukung perekonomian yang inklusif.

"Tadi kita melihat bagaimana ternyata promosi ini bisa meningkatkan penjualan mereka 35% dan bisa membuka peluang usaha sehingga bisa menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di 2024. Itu komitmen kami dan secara totalitas kami ingin berkolaborasi dengan komunitas," kata Sandiaga.

Sandiaga juga menyoroti peran penting pemuda Desa sebagai agen perubahan. Lebih dari 4.700 Desa wisata saat ini menjadi fokus, dan tahun depan, akan ada 6.000 Desa Wisata yang akan mendapatkan perhatian khusus dan sinergi dengan rekan-rekan dari IPDA.

"Untuk desa sendiri, karena pemuda Desa yang akan menjadi agen perubahan saya titipkan ada 4.700 Desa Wisata dan tahun depan akan kita lengkapi menjadi total 6.000 Desa Wisata yang akan kita sinergikan dengan teman-teman IPDA," kata dia.

Dari target menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024, sekitar 60% di antaranya berada di Jawa. Jawa Tengah, dengan destinasi super prioritas seperti Borobudur, memiliki peran besar dalam menciptakan lapangan kerja ini. Dengan hadirnya Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di wilayah Solo Raya, potensi ini semakin ditekankan.

"Dari 4,4 juta lapangan kerja di 2024 nanti total di Jawa sekitar 60% dari 4,4 juta dan di Jawa Tengah bisa menciptakan sekitar sepertiga dari total 60% lapangan kerja yang akan kita ciptakan. Jawa Tengah ada destinasi super prioritas, yaitu Borobudur dan kemarin kita sentuh dengan kehadiran Poltekpar di Solo Raya," kata Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)