Pusat Data Bisa Jadi Stimulan buat Ekonomi Lokal

Sabtu, 16 September 2023 - 16:01 WIB
loading...
Pusat Data Bisa Jadi Stimulan buat Ekonomi Lokal
Peran pusat data buat pengembangan bisnis sangat penting. Foto/Ist
A A A
JAKARTA -
Perkembangan pusat data ( data center ) menjadi penting dalam mendukung era digitalisasi di Tanah Air. Dalam beberapa tahun mendatang, data center akan menjadi tulang punggung ekosistem digital yang semakin kompleks di Indonesia, terutama Jakarta sebagai sentral bisnis dan aktivitas.



"Jakarta membutuhkan data center dengan standar global dan keamanan maksimum agar digitalisasi terus berjalan dan data terlindungi," ujar Ellen Suryani Lim, Head of Sales & Marketing Bersama Digital Data Centres,

Menurut Ellen, data center juga dibutuhkan untuk memperkuat interkoneksi bagi pelanggan sehingga terhubung dengan cepat, aman, dan efisien. Data center yang andal serta ekosistem interkoneksi yang baik dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi digital terus maju dan berperan pada ekonomi digital.

"Sebagai ibu kota dengan penduduk dan aktivitas bisnis tinggi, keberadaan pusat data di Jakarta memiliki arti penting," tambah Ellen.

Pertama, dengan data center, keterlambatan akses data menjadi lebih kecil, serta memungkinkan transaksi dan operasi bisnis menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien. Kedua, untuk urusan keamanan data, memiliki pusat data di dalam negeri dapat meningkatkan perlindungan data dan informasi penting negara.

Ketiga, bisa melakukan optimalisasi layanan cloud. Pasalnya, layanan berbasis cloud sangat bergantung pada interkonektivitas. Pusat data memastikan layanan bisa diakses dengan cepat, stabil dan efisien.

"Terakhir, pusat data bisa menjadi stimulan bagi ekonomi lokal dengan meningkatkan peluang kerja dan menarik investasi, antara lain melalui aplikasi e-commerce hingga media sosial," jelas Ellen.

Terkait isu efisiensi energi, cybersecurity, dan keberlanjutan infrastruktur digital, Jakarta harus inovatif mengembangkan pusat data ramah lingkungan dan tahan terhadap ancaman siber. Peningkatan infrastruktur digital merupakan langkah strategis Jakarta dalam mempersiapkan diri menjadi kota global yang berdaya saing.



"Sebagai jantung Indonesia, Jakarta harus berperan krusial membentuk masa depan digital negara ini dengan terus meningkatkan kapasitas sebagai pusat data dan memastikan Indonesia tidak hanya bersaing, tapi juga memimpin di era digital Asia Tenggara," tutupnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)