Berkat Pelatihan Ganjar Creasi, Warga Tergerak Terapkan Ekonomi Sirkular

Minggu, 17 September 2023 - 08:30 WIB
loading...
Berkat Pelatihan Ganjar Creasi, Warga Tergerak Terapkan Ekonomi Sirkular
Ganjar Creasi menggelar pelatihan pengolahan sampah di Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (16/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
MALANG - Generasi Alumni Muda UB-ITS -UNAIR bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) menggandeng praktisi pengolahan sampah, mengadakan pelatihan pembuatan komposter.

Pelatihan yang diadakan di Jalan Mbah Joyo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (16/9/2023) itu dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga dengan cara ramah lingkungan.

"Harapannya seluruh warga per kartu keluarga membuat komposter di rumah. Kami perlu mandiri," kata Koordinator Wilayah (Korwil) G-Creasi Jatim, Ilham Hasan.



Komposter sendiri merupakan alat untuk membuat kompos dari bahan dasar sampah basah atau sampah organik yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, daun, hingga rerumputan.

Dalam pelatihan tersebut, warga Kota Batu diajarkan membuat komposter dengan bahan dasar pipa paralon, elbow, dan ember tong sebagai wadah sampah. Kemudian ember itu dimasukkan maggot sebagai pengurai sampah rumah tangga.

"Tadi juga dijelaskan tentang budidaya maggot. Jadi maggot dan komposter itu merupakan rantai yang berkesinambungan. Ketika kita memanfaatkan sampah, lebih baiknya juga kita memelihara maggot itu sendiri," kata dia.

Menurut Ilham, nantinya komposter itu juga bisa menciptakan nilai ekonomi bagi warga. Pasalnya hasil penguraian sampah oleh maggot dapat dijual kembali sebagai pakan ternak seperti ayam, burung, atau lele.

"Kemudian kotoran dari maggot itu pun bisa digunakan sebagai pupuk karena di Kota Batu ini adalah sentra pertanian, baik itu jeruk, apel, dan sebagainya," imbuhnya.

Ilham mengatakan, pelatihan ini juga terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang telah menginisiasi penerapan ekonomi sirkular di Jawa Tengah (Jateng) selama menjabat gubernur dua periode.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4390 seconds (0.1#10.140)