Podcast Aksi Nyata: Digitalisasi Jadi Tantangan UMKM Naik Kelas

Rabu, 20 September 2023 - 19:38 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Digitalisasi Jadi Tantangan UMKM Naik Kelas
Bacaleg DPRD Provinsi Dapil Jawa Barat 1 Partai Perindo Epi Sutisna Podcast Aksi Nyata bertajuk Tantangan dan Peluang UMKM di Era Digitalisasi di channel YouTube Partai Perindo, Rabu (20/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi menjadi tantangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ). Bukan hanya soal penggunaan perangkat tetapi juga terkait dengan strategi marketing yang berbeda dengan proses dagang secara konvensional.

Bacaleg DPRD Provinsi Dapil Jawa Barat 1 Partai Perindo Epi Sutisna mengatakan untuk membantu para pelaku UMKM beradaptasi dengan digitalisasi khusunya di wilayah Kota Bandung dan Cimahi. Dia melakukan pembinaan agar para pelaku UMKM bisa bersaing dan naik kelas.

"Saya membina UMKM itu dengan manajemennya dulu," kata Epi dalam siaran Podcast Aksi Nyata bertajuk "Tantangan dan Peluang UMKM di Era Digitalisasi" di channel YouTube Partai Perindo, Rabu (20/9/2023).



Tidak hanya pelatihan digital, UMKM di bawah binaan Epi juga tetap diajarkan berjualan secara konvensional. "Kalau istilah awam disuruh dagang secara manual, tapi dikasih manajemen masalah marketingnya, perencanaannya, semua kita rencanakan," jelasnya.

Menurut dia ilmu jual beli secara manual juga dibutuhkan sebab perangkat digital juga tidak selamanya beroperasi, terkadang ada gangguan-gangguan perangkat yang mengharuskan pedagang berjualan secara manual.



"Digital juga tantangannya ada. Kalau hp-nya pada mati nggak akan laku tuh dagangnya. Ada hp-nya mati, sinyalnya jelek, pasti nggak akan laku. Makanya sistem di situ ada dua sistem, sistem yang pembinaan secara dagang secara manual, dia harus punya pelanggan tetap dan yang kedua juga dia harus mengerti masalah teknologi," paparnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)