Tingkatkan Ketahanan Pasokan Gas, PGN Gandeng HCML, EMCL dan Petronas

Sabtu, 23 September 2023 - 15:01 WIB
loading...
Tingkatkan Ketahanan Pasokan Gas, PGN Gandeng HCML, EMCL dan Petronas
PGN terus bekerja sama dengan produsen sebagai mitra strategis untuk meningkatkan ketahanan pasokan gas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Gas PT PGN Tbk menandatangani kerja sama dengan Husky CNOOC Madura Ltd (HCML), ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL), dan Petronas. Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pasokan gas bumi untuk memenuhi domestik.

Kerja sama tersebut terdiri dari penandatanganan perjanjian jual beli gas (PJBG) PGN dan HCML dengan volume 5 MMSCFD dengan jangka waktu 10 tahun dari lapangan 3M di Jawa Timur. PGN melalui afiliasi PT Pertagas juga menandatangani Head of Agreement (HOA) dengan EMCL dengan volume gas 14 MMSCFD selama 10 tahun yang akan digunakan untuk memperkuat ketahanan pasokan dan memenuhi kebutuhan konsumen gas di Jawa Timur.

Baca Juga: PGN Optimalkan Kontribusi Bisnis Upstream hingga Downstream Migas

"Kami menyambut baik kerja sama dengan rekan-rekan upstream sebagai strategic partner PGN untuk ketahanan di Jatim, Jateng, Sumatera Utara dan sekitarnya," ujar Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko melalui keterangan pers, Sabtu (23/9/2023).

Kerja sama selanjutnya adalah PGN dengan anak perusahaan Petronas Malaysia, yakni PC Ketapang II Ltd (PCK2L), berupa nota kesepahaman pemanfaatan pasokan gas dari Wilayah Kerja Ketapang ramp up 5–20 MMSCFD, di mana volume ini akan disesuaikan dari hasil kajian evaluasi.



"Dari PCK2L menyampaikan bahwa terdapat potensi volume gas dari WK Ketapang yang dapat dimanfaatkan oleh PGN. Oleh karena itu, PGN bermaksud memanfatkan pasokan gas dari WK Ketapang dalam jangka panjang agar dapat dioptimalisasi oleh PGN," jelas Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta.

Harry mengatakan bahwa PGN dan PCK2L akan mengkaji lebih dalam pemanfaatan potensi gas bumi dari WK Ketapang untuk optimalisasi, peningkatan kehandalan pasokan, dan pemenuhan gas PGN.

PGN bersama Pertamina EP juga menandatangani PJBG Pertamina EP Medan dengan volume pasokan sebesar 3,5–4 BBTUD. Langkah ini menindaklanjuti Kesepakatan Bersama yang sebelumnya ditandatangani oleh PGN dengan Pertamina EP, serta untuk meningkatkan pasokan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)