Jiplak Produk Lokal, Gibran Dukung Pelarangan TikTok Shop

Selasa, 26 September 2023 - 22:30 WIB
loading...
Jiplak Produk Lokal, Gibran Dukung Pelarangan TikTok Shop
Gibran mendukung pemisahan ecommerce dan media sosial. Foto/Dok
A A A
SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung larangan TikTok Shop di Tanah Air. Pasalnya, platform social commerce itu dinilai merugikan pelaku UMKM.



Gibran mengatakan, berdasarkan hasil riset yang pernah ia lakukan, barang produksi dalam negeri sering kali kalah saing dengan produk impor di TikTok Shop.

"Sudah terbukti merek asli Indonesia, UMKM Indonesia yang sebelumnya berjualan di TikTok Shop akhir-akhir ini pada mengeluh sepi," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (26/9/2023).

Menurutnya, pelaku UMKM mengalami shadow banning, karena penyebaran konten mereka dibatasi atau bahkan disembunyikan. Praktik itu dilakukan tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

"Dulu rame, ada shadow banning, ngerti-ngerti (tahu-tahu) terblokir. Ketika terblokir tiba-tiba ada produk dari China dengan spek yang sama masuk. Nakalnya di situ," katanya.

Sebab itu, platform media sosial memang seharusnya dipisahkan dari e-commerce. "Itulah kenapa saya rasa media sosial dan e-commerce harus terpisah, biar fair," katanya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Budi Arie mengatakan, TikTok tidak dilarang untuk beroperasi di Indonesia. Pemerintah hanya akan membuat aturan yang memisahkan antara media sosial dan e-commerce.



"Kita memisahkan antara platform sosial media dan e-commerce. Jadi tidak boleh platform sosial media dia ikutan e-commerce," terangnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)