Harga Minyak Dunia Naik di Tengah Kekhawatiran Pasokan

Sabtu, 10 Juni 2017 - 09:13 WIB
Harga Minyak Dunia Naik di Tengah Kekhawatiran Pasokan
Harga Minyak Dunia Naik di Tengah Kekhawatiran Pasokan
A A A
NEW YORK - Harga minyak mentah dunia pada perdagangan akhir pekan meningkat, setelah penghentian pipa di Nigeria. Namun dalam sepekan pergerakan minyak dunia masih berada dalam tren penurunan hampir mencapai sebesar 4% di tengah kekhawatiran tentang pasokan global.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak mentah Brent meningkat sebesar 29 sen pada posisi USD48,15 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat naik 19 sen menjadi 45,83 per barel.

Benchmark keduanya untuk pengiriman mingguan mengalami penurunan hampir 4%, setelah ditekan oleh persediaan minyak AS yang terus mengalir ke seluruh dunia. "Saya tidak berpikir apapun tentang stabilitasi sementara. Kenaikan produksi masih akan menyeret ke posisi lebih rendah," ujar Manajer Tradition Energy Gene McGillian.

Perkembangan perusahaan Nigeria menyatakan keadaan telah memaksa menghentikan Trans pipa Niger, karena menyebabkan kebocoran. Nigeria sendiri merupakan negara eksportir minyak terbesar untuk kawasan Afrika, namun akri pemberontakan oleh aktivisi serta salah urus pemerintah telah menyebabkan perlambatan.

Kebocoran menunjukkan tren produksi di Nigeria menjadi jauh dari kata stabil menurut Analis Senior Komoditas Commerzbank Carsten Fritsch. Pasar minyak internasional telah berada di bawah tekanan terimbas kondisi Nigeria dan Libya, ketika dua Anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dibebaskan dari pengurangan produksi.

Seperti diketahui bulan lalu OPEC bersama dengan produsen kunci lainnya telah mencapai kata sepakat untuk memperpanjang kesepakatan pengurangan produksi hampir 1,8 juta barel per hari (bpd) hingga sampai kuartal pertama 2018, mendatang. Ladang minyak Sharara Libya telah dibuka kembali setelah protes pekerja dan bakal kembali produksi dalam tiga hari.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5251 seconds (0.1#10.140)