Presiden Jokowi: Cadangan Beras Masih Kurang, Butuh Tambahan 1,5 Juta Ton

Minggu, 08 Oktober 2023 - 20:01 WIB
loading...
Presiden Jokowi: Cadangan Beras Masih Kurang, Butuh Tambahan 1,5 Juta Ton
Presiden Joko Widodo menyebut cadangan beras pemerintah masih kurang sekitar 1,5 juta ton. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pasokan beras untuk cadangan beras pemerintah (CBP) masih kurang. Kekurangan itu disebabkan oleh turunnya tingkat produksi di level petani, akibat dampak fenomena El Nino.



"Oleh sebab itu kita tambah 1,5 juta ton cadangan, karena El Nino memberikan pengaruh pada produksi, memberikan pengaruh pada hasil panen yang ada," ujar Jokowi saat meninjau panen raya di Subang, Jawa Barat, dikutip di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (8/10/2023).

Kepala Negara mengatakan, saat ini pasokan beras yang telah diamankan Bulog sudah mencapai 1,7 juta ton. Cadangan beras pemerintah ini menurutnya terus digelontorkan di pasar tradisional dan retail modern untuk menjaga harga.



"Tapi memang tetap masih kurang, sehingga dari stok yang ada di Bulog saat ini 1,7 juta ton, kita masih perlu tambah lagi sampai akhir tahun 1,5 juta ton," ungkapnya.

Untuk meningkatkan pasokan beras, diketahui pemerintah melalui Bulog bakal mengimpor 1 juta ton beras dari China. Presiden sendiri sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan Presiden China Xi Jinping terkait suplai beras ke Indonesia.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)