Harga Minyak Turun Imbas Kelebihan Pasokan AS dan OPEC

Rabu, 19 Juli 2017 - 10:40 WIB
Harga Minyak Turun Imbas Kelebihan Pasokan AS dan OPEC
Harga Minyak Turun Imbas Kelebihan Pasokan AS dan OPEC
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah turun pada perdagangan Rabu (19/7/2017) setelah kenaikan persediaan minyak mentah Amerika Serikat dan pasokan tinggi dari beberapa produsen OPEC. Hal ini menciptakan kembali kekhawatiran tentang kelebihan pasokan bahan bakar.

Mengutip dari Reuters, harga minyak mentah Brent International turun 11 sen atau 0,2% menjadi USD48,73 per barel pada pukul 01.28 GMT.

Serupa, harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) turun 12 sen atau 0,3% menjadi USD46,28 per barel.

American Petroleum Institute mengatakan persediaan minyak mentah Negeri Paman Sam naik pekan lalu, bertambah 1,6 juta barel sehingga total menjadi 497,2 juta barel.

Di luar Amerika Serikat, kelebihan persediaan minyak datang dari dua anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yaitu Nigeria dan Libya. Padahal keduanya berjanji untuk memotong produksi.

Bank Prancis, BNP Paribas mengatakan Nigeria dan Libya telah meningkatkan produksi secara signifikan, dimana produksi minyak Libya saat ini dilaporkan di atas 1 juta barel per hari. Semantara produksi minyak Nigeria meningkat menjadi 2 juta barel per hari.

"Peningkatan pasokan minyak mentah dari Nigeria dan Libya pada bulan Juni sama dengan Oktober 2016. Ada kenaikan tingkat produksi dengan rata-rata 450 ribu barel per hari. Ini artinya ada kelebihan pasokan 40% dari jumlah pemotongan produksi yang digelorakan OPEC sebesar 1,25 juta barel," ujarnya.

Sejatinya Nigeria, Libya, dan Rusia dibebaskan dari kesepakatan OPEC dengan produsen lain untuk mengurangi produksi 1,8 juta barel per hari.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5152 seconds (0.1#10.140)