Impor Barang Murah China Dinilai Meresahkan Iklim Industri dalam Negeri

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:39 WIB
loading...
Impor Barang Murah China Dinilai Meresahkan Iklim Industri dalam Negeri
Barang impor China yang berharga murah mematikan produk dalam negeri. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Langkah pemerintah memutuskan untuk memperketat masuknya sejumlah barang impor ke pasar dalam negeri dinilai sudah tepat. Keputusan tersebut diharapkan bisa menjaga pangsa pasar produk dalam negeri , sebab sejumlah barang impor jauh lebih murah dibandingkan dengan barang yang dibuat di dalam negeri.



"Memang kehadiran dari impor barang konsumsi sudah meresahkan dan sudah menggangu iklim industri dalam negeri," kata Nailul Huda, ekonom Indef, dalam Market Review IDXChannel, Selasa (10/10/2023).

Ia mengatakan bahwa saat ini banyak brand Indonesia yang sedang dalam berkembang. Ketika barang impor masuk ke Indonesia, akan mengganggu brand tersebut.

Ia mencontohkan bahwa beberapa waktu lalu, industri batik di Indonesia sedang naik daun dan permintaan sedang tinggi-tingginya. Akan tetapi ketika batik impor dari China masuk dengan harga murah, permintaan batik Indonesia mengalami penurunan.

"Sama halnya dengan industri kosmetik. Ketika industri kosmetik kita sedang berkembang dan munculnya barang Tiongkok ke Indonesia jadinya industri kosmetik kita drop," katanya.



Rencana barang komoditas yang akan diperketat oleh pemerintah di antaranya mainan anak-anak, barang elektronik, produk alas kaki, produk kosmetik, barang tekstil, obat-obatan tradisional dan suplemen kesehatan, produk pakaian jadi dan aksesorisnya serta produk tas.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)