Mengungkap Keandalan Perusahaan EPC Indonesia Merancang Fasilitas Energi Bersih

Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:36 WIB
loading...
Mengungkap Keandalan Perusahaan EPC Indonesia Merancang Fasilitas Energi Bersih
Salah satu karya Rekind. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengalaman PT Rekayasa Industri ( Rekind ) membangun pabrik amonia dan urea serta pengembangan listrik bersih menyimpan nilai tambah besar. Rekind berpotensi kuat memainkan peran penting dan strategis dalam penyediaan dan pengembangan teknologi energi berbahan dasar kimia bersih, yaitu green ammonia (amonia hijau).



Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu, selaku perusahaan EPC (engineering, procurement, construction), nasional punya track record kuat merancang bangun pabrik amonia terbanyak dan terlengkap di Indonesia.

Apalagi, kini amonia jadi pusat perhatian karena senyawa ini digadang-gadang menjadi salah satu jawaban dunia atas tantangan peralihan dari penggunaan bahan bakar fosil ke bahan bakar dengan emisi gas rumah kaca yang rendah atau bahkan nol.

“Rekind memiliki peran strategis dalam mendukung program pemerintah untuk melahirkan energi bersih berbasis amonia, terutama ditinjau dari bekal pengalamannya membangun pabrik pupuk, pembangkit listrik tenaga panas bumi dan kemampuannya di bidang removal (pemisahan zat karbon dioksida) yang dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi,” ujar Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Yani, sapaan akrab Triyani, menegaskan dalam mewujudkan energi berbasis senyawa amonia, Rekind tidak bisa berjalan sendirian. Harus ada kolaborasi dengan sejumlah pihak terkait. Lingkup pengerjaan Rekind baru sebatas di hulu atau hilir saja, belum secara keseluruhan.

Untuk pengembangan blue ammonia, Rekind bisa berperan lebih dominan dalam memisahkan CO2. Keahlian ini sudah dibuktikan Rekind ketika menggarap Proyek Kilang Gas Jambaran Tiung Biru (JTB). Di Proyek Strategis Nasional ini, Rekind mengedepankan keahlian SDM-nya dalam mendesain proses pemurnian gas alam.

Komposisi gas alam mentah yang diekstraksi dari sumur produksi ditinjau secara seksama. Kemudian dilanjutkan ke proses pemurnian khusus yang sering disebut dengan sweetening process. Setelah memisahkan cairan/air pada separator di hulu, dilakukan tahapan pemurnian gas alam dari pengotor yang tidak diinginkan dengan mengaplikasikan teknologi Glycol-based-Solvent dan CO2 Membrane Separation.

“Proses pemisahan gas dengan menggunakan teknologi ini jauh lebih sempurna dibandingkan menggunakan teknologi sebelumnya,” ujar Yani.

Keahlian lainnya adalah pipeline system dan Rekind berpengalaman dalam pembentangan pipa untuk mengalirkan CO2 dari sumber produksi menuju lubang perut bumi. Bekal kemampuannya itu berdasarkan pada pengalaman di bidang pipeline dalam menunjang kegiatan migas, termasuk di dalamnya untuk proyek pipa gas yang ‘fenomenal’ Sumatera – Cilegon bekerja sama dengan Nippon Steel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)