Berkat Kompetensinya, Rekind Bangun 200 Proyek Berskala Nasional dan Global

Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:01 WIB
loading...
Berkat Kompetensinya, Rekind Bangun 200 Proyek Berskala Nasional dan Global
Salah satu proyek buah kompetensi Rekind. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Punya pengalaman 42 tahun sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa engineering, procurement, construction (EPC), membuat PT Rekayasa Industri ( Rekind ) semakin tajam dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Salah satu kompetensi yang menjadi andalan sekaligus kebanggaan perusahaan adalah pengembangan 3D design system (sistem desain 3 dimensi).



Muara kompetensi ini tidak tanggung-tanggung, mampu mensupport Rekind secara maksimal untuk menghadirkan maha karya terbaiknya yang berkualitas, hingga mengalungi pengakuan dan penghargaan baik nasional maupun internasional.

“3D design system sangat mendukung terwujudnya pabrik-pabrik berkualitas dan berteknologi tinggi yang dibangun Rekind. Upaya kami mengedepankan kompetensi dan inovasi ini juga memperoleh penghargaan, baik di level nasional mapun internasional,” ujar Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih, dalam keterangannya, Selasa (1/8/2023).

Ditambahkan wanita yang akrab disapa Yani tersebut, untuk mengurai, mengontrol dan mengelola kompleksitas aktivitas bisnis EPC (khususnya piping), diperlukan suatu sistem yang teritegrasi mulai dari hulu (engineering) sampai ke hilir (construction). Pada tahun 2016, Rekind sudah mulai mengembangkan konsep aplikasi integrasi EPC yang dinamakan ICONS (Integrated Construction Management System).

Di sisi lain 3D Design System Rekind juga dinilai bermanifestasi dalam mendukung pemasangan boiler module di Proyek RDMP Balikpapan melalui rigging animasi 3 dimensi. Next generation dari 3D yang dapat mempercepat serta menghemat waktu adalah penerapan augmented reality. Teknologi augmented reality akan mengintegrasikan model 3D dengan kondisi nyata di lapangan.

"Untuk tahap engineering kami juga berinovasi melalui teknologi Advanced 3D untuk meningkatkan kualitas design engineering dengan mengandalkan Advanced 3D Concurrent System yang bisa mengintegrasikan aplikasi 2D dan 3D berbasis engineering ke dalam suatu sistem. Tidak hanya itu, kami juga mampu mengimplementasikan 4D melalui integrasi 3D Model dan Schedule, ditambah penerapan teknologi 3D Laser Scanning untuk mendukung pelaksanaan konstruksi dan pembuatan spool pipa tie in (penyambungan pipa),” jelas Erwin Fahmi Artantono, VP 3D Design System Rekind.

Selama 42 tahun, Rekind telah membangun lebih dari 200 proyek berskala nasional maupun international sebagai upayanya memperkuat industri di Tanah Sir dari hulu ke hilir. Rekind juga telah melakukan pengembangan bisnis melalui jasa EPC terintegrasi, dengan mengembangkan energi terbarukan, system modern, teknologi tertinggi dan mampu menghasilkan produk bernilai tinggi dengan mengedepankan terobosan-terobosan baru di dalam lini bisnisnya.

Sebagai bukti nyata atas kompetensi dan inovasi yang dicapai, sejak tahun 2015 hingga 2023, 3D Design System Rekind sudah mendulang lima penghargaan nasional dan 14 penghargaan internasional. Di tahun ini untuk kedua kalinya nama Fandy Maulana Syah Rizal dari Rekind, dipercaya meraih penghargaan Best In Design melalui Event Hexagon Elite Award, yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.



“Semoga melalui peningkatan kompetensi dan penghargaan ini mampu menggugah semangat kreatifitas putra-putri terbaik Rekind dalam menciptakan perusahaan yang inovatif dan berdaya juang tinggi, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga di kancah internasional,” tegas Yani.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)