Tekan Biaya Operasonal 40%, SIG Manfaatkan Cloud Amazon

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:30 WIB
loading...
Tekan Biaya Operasonal 40%, SIG Manfaatkan Cloud Amazon
SIG melakukan berbagai inovasi dalam upaya mencapai efisiensi biaya operasional perusahaan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) telah memanfaatkan layanan komputasi awan milik Amazon Web Services (AWS) untuk meningkatkan operasional perusahaan. Dalam penggunaannya, teknologi cloud ini mengintegrasikan sembilan pabrik semen dan pabrik pengemasan di 26 lokasi, dengan potensi penurunan biaya operasional hingga 40%.

Senior Vice President of Group Head Information & Communication Technology di SIG, Anindio Daneswara, menjelaskan bahwa layanan komputasi Amazon digunakan untuk mendukung berbagai proses bisnis perusahaan yang melibatkan wilayah operasional yang luas di Indonesia dan Vietnam.

"Transformasi ini memudahkan integrasi sembilan pabrik semen, 26 pabrik pengemasan, 385 distributor, 70.000 toko ritel, tujuh pelabuhan, dan delapan pabrik penggilingan semen," kata dia, Kamis (12/10/2023).



Dia menekankan pentingnya teknologi yang andal dan fleksibel dalam mengelola operasi perusahaan semen nasional dengan pangsa pasar sebesar 50%.

Menurut dia teknologi cloud memberikan SIG ketersediaan data dan analitik yang mendukung pengambilan keputusan manajemen di semua aspek operasional. Cloud juga memungkinkan pemrosesan dan penyimpanan data yang efisien, serta memberikan fondasi bagi penggunaan data analytics dan kecerdasan buatan (AI) di perusahaan.

Berdasarkan estimasi perpindahan dari sistem on-premise ke cloud akan meningkatkan kecepatan komputasi hingga 1,6 kali dan memberikan kontribusi signifikan pada efisiensi penggunaan sumber daya komputasi sebesar 20%.

Secara keseluruhan, dengan memanfaatkan teknologi cloud, SIG berpotensi mengurangi biaya operasionalnya sebesar 30%-40%. SIG adalah perusahaan BUMN di sektor infrastruktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan memiliki 51% saham yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.



Sejak transformasi pada tahun 2013, SIG telah menjadi penyedia solusi bahan bangunan terkemuka di wilayah Asia, Australia, dan Oceania. Sebagai induk perusahaan semen BUMN, SIG menggabungkan enam anak perusahaan produsen semen, yaitu PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk, dan Thang Long Cement Company di Vietnam.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)