Mendagri Minta Daerah Kerahkan Semua Dana untuk Kendalikan Harga Pangan

Senin, 16 Oktober 2023 - 22:00 WIB
loading...
Mendagri Minta Daerah Kerahkan Semua Dana untuk Kendalikan Harga Pangan
Daerah harus berinisiatif menurunkan harga pangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah tidak hanya menunggu intervensi pusat untuk menciptakan stabilitas harga pangan di pasar. Pemerintah daerah (pemda) seharusnya bisa melakukan sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.



Tito menjelaskan pemda bisa menggunakan kas daerah untuk melakukan intervensi pasar sehingga dapat membentuk harga pangan yang murah bagi masyarakat. Misalnya menciptakan pasar murah, membanjiri stok pangan di pasar, dan sebagainya.

"Saya juga mohon rekan-rekan pemda jangan hanya mengandalkan intervensi pusat, daerah bisa lakukan. Gunakan dana reguler dari dinas pangan, pertanian, juga dinas sosial di provinsi, kabupaten/kota serta gunakan anggaran belanja tidak terduga," ujar Tito di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Lebih lanjut, Tito menjelaskan, pihaknya juga sudah menerbitkan surat edaran yang memperbolehkan setiap kepala daerah menggunakan anggaran untuk penanganan inflasi pangan. Sehingga diharapkan tidak ada harga-harga bahan pangan di daerah yang mengalami kenaikan.

"Saya sudah membuat surat edaran beberapa waktu lalu yang bisa menjadi dasar hukum bagi rekan-rekan (kepala daerah) menggunakan belanja tidak terduga untuk penanganan inflasi," kata Tito.

Menurutnya saat ini banyak kepala daerah yang terhambat pembiayaan dalam rangka melakukan stabilitas harga pangan di daerah. Banyak kepala daerah yang hanya menunggu bantuan dari pemerintah pusat untuk melakukan stabilisasi harga, meskipun daerah juga punya kas sendiri.

Lebih lanjut Tito mengungkapkan pihaknya juga sudah berkoodinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait penggunaan dana tidak terduga (DTT) untuk melakukan intervensi pasar dalam rangka pengendalian inflasi daerah.



"Kita sudah koordinasikan dengan Kejagung dan rekan-rekan jangan ragu koordinasi dengan kejaksaan supaya jangan sampai nanti diperiksa, karena menggunakan anggaran DTT untuk gerakan pangan murah mengendalikan inflasi," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)