Belum Punya Data, BPS Belum Bisa Hitung Angka Transaksi E-Commerce

Senin, 07 Agustus 2017 - 21:38 WIB
Belum Punya Data, BPS Belum Bisa Hitung Angka Transaksi E-Commerce
Belum Punya Data, BPS Belum Bisa Hitung Angka Transaksi E-Commerce
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2017 sebesar 5,01%, agak melambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2016 sebesar 5,18% (yoy).

Berdasarkan data untuk lapangan usaha yang dilaporkan, sektor industri, pertanian dan perdagangan masih mendominasi pertumbuhan ekonomi kuartal kedua tahun ini. Sektor industri andilnya terhadap pertumbuhan eknonomi sebesar 20,26% (yoy), pertanian sebesar 13,92% (yoy), dan perdagangan 13,03%(yoy).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, bila dilihat secara lebih rinci, khusus untuk perdagangan, utamanya transaksi e-commerce atau online, pihaknya tidak memasukan transaksi tersebut lantaran hingga saat ini, BPS belum memiliki sumber data yang pasti dan valid.

"E-commerce menurut kami itu lebih merupakan perubahan transaksi, barangnya itu-itu saja. Kalau dulu barangnya langsung ke konsumen, sekarang pindah melalui e-commerce. Ada pergeseran transaksi dari konvensional ke online, tapi hanya di kalangan kelas menengah ke atas. Secara global, angka dari berbagai transaksi itu (e-commerce) belum menunjukkan pasti berapa share-nya, tapi saya rasa lebih kecil dari total konsumsi," jelas Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Kecuk--panggilan akrabnya--mengatakan transaksi e-commerce dapat dilihat dari sisi produksi dan konsumsi. "Jadi kalau produksi 100 misalnya, dijual langsungnya misal 80, berarti yang melalui e-commerce sisanya, bisa dikontrol dari sisi produksi, dan itu menunjukkan angkanya," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya perlu bekerja sama dengan berbagai stakeholder lainnya dan melibatkan pihak swasta untuk mendapatkan data yang pasti mengenai data e-commerce. Sehingga ke depannya, akan memungkinkan jika BPS memasukkan data khusus e-commerce dalam struktur pertumbuhan ekonomi.

"BPS enggak bisa sendiri melakukan data e-commerce, harus libatkan stakeholder dan swasta. Pertumbuhan ekonomi khusus e-commerce belum memungkinkan, kecuali kami punya sumber datanya yang pasti, kami perlu pikirkan. Tapi pertumbuhan online tumbuh tidak melonjak jauh seperti yang dibayangkan," jelas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)