Pastikan Pariwisata Bali Aman, Bos Bappenas: Ini Kota Internasional

loading...
Pastikan Pariwisata Bali Aman, Bos Bappenas: Ini Kota Internasional
Suasana objek wisata Bedugul, Bali. Foto/Dok Kemenparekraf
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa memastikan, aspek pariwisata di Bali sudah cukup aman bagi kunjungan wisatawan.

Mengenai apa saja indikator baginya dalam mengasumsikan hal tersebut, Suharso pun membeberkan faktor-faktor apa saja yang mendukung pendapatnya itu.

"Sampai hari ini yang saya lihat (pariwisata Bali) aman. Karena saya lihat di sini sistem komunitasnya itu cukup ketat, karena mereka punya pecalang," kata Suharso dalam video virtual, Selasa (4/8/2020).

Kemudian, faktor yang kedua menurut Suharso adalah aspek kelengkapan fasilitas kesehatan yang dimiliki Bali saat ini, sudah cukup memadai. "Karena ini adalah kota internasional," kata Suharso. (Baca juga: Sebut IDI Kacung WHO, Jerinx SID Dipolisikan)

Apalagi, lanjut Suharso, bisa dipastikan bahwa tingkat penularan atau jumlah angka orang yang terkena Covid-19 di Bali saat ini, sudah mulai menurun. "Dan mudah-mudahan dia bisa bertahan terus (menekan angka penularannya)," ujar Suharso.



Di sisi lain, Suharso pun menegaskan bahwa kalaupun sebuah daerah dinyatakan sebagai wilayah zona merah penyebaran Covid-19, maka bukan berarti zona merah yang dimaksud itu adalah di seluruh provinsi tersebut. "Bisa jadi hanya beberapa kabupaten/kota saja," ujar Suharso.

Belum lagi, apabila disebut bahwa sebuah kabupaten/kota itu sudah zona merah Covid-19, maka belum tentu juga di seluruh kabupaten/kota itu semuanya benar-benar telah menjadi zona merah. (Baca juga: Kemarau Panjang, Ribuan Warga Mojokerto Terancam Krisis Air Bersih)

"Seperti misalnya Jakarta yang disebut sebagai zona merah, mungkin yang dimaksud zona merah itu hanya Jakarta Selatan saja. Itu pun mungkin bukan di seluruh Jakarta Selatan, tapi misalnya hanya di Kebayoran saja," tandasnya.
(ind)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top