Kowarteg Ganjar Bekali Ibu-ibu Terampil Bikin Sabun Cuci Piring

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:30 WIB
loading...
Kowarteg Ganjar Bekali Ibu-ibu Terampil Bikin Sabun Cuci Piring
Kowarteg Ganjar menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring di Kramat Jati, Jakarta, Rabu (18/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar kembali mengadakan kegiatan positif bagi masyarakat. Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring di Kramat Jati, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Sekretaris Kowarteg Indonesia Seno Herlangga menjelaskan, pelatihan ini digelar dalam rangka memberikan bekal keterampilan kepada warga Jakarta Timur, khususnya ibu-ibu.

Menurut Seno, skill membuat sabun cuci piring nantinya bisa berguna sebagai modal usaha rumahan murah meriah. Tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian mereka.

"Tujuannya agar ibu-ibu biar bisa membuat sabun cuci sendiri untuk bisa digunakan usaha apabila diproduksi secara kelompok,” kata Seno.



Dalam pelatihan tersebut, ratusan warga diperkenalkan dengan bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring seperti air, mes atau texapon, NaCL, sodium sulfat, edta, hingga pewarna dan pewangi.

Kemudian perwakilan warga bersama pemateri turut mencampur dan mengolah bahan-bahan tersebut sampai menjadi senyawa yang membentuk sabun cuci piring.

“Kami mengadakan pelatihan ini bersama-sama warga sekitar intinya bergandengan tangan bersama untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” imbuh Seno.

Seno mengatakan, Kowarteg Indonesia berkomitmen menebarkan lebih banyak manfaat kepada warga. Sehingga semakin banyak yang berdaya dengan berbagai skill dan keterampilan.

“Kami sangat berharap dengan diadakannya pelatihan ini warga sekitar bisa memberdayakan diri pribadi seperti menghasilkan pendapatan ekonomi keluarga secara mandiri,” kata Seno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3178 seconds (0.1#10.140)