Keahlian Negosiasi Jadi Faktor Pendorong Bisnis Perusahaan

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 20:55 WIB
loading...
Keahlian Negosiasi Jadi Faktor Pendorong Bisnis Perusahaan
KSP menggelar pelatihan negosiasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Negosiasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menyelesaikan sebuah masalah. Komunikasi yang efektif, kecerdasan emosional, dan berpikir kritis menjadi keahlian yang akan menopang negosiasi.



PT Krakatau Sarana Properti (KSP) memahami pentingnya negosiasi bagi karyawan sehingga menggelar pelatihan keahlian negosiasi. Pelatihan ini diikuti para pemimpin setingkat manager dan general manager di lingkungan Sub Holding Krakatau Sarana Infrastruktur.

Direktur Operasi PT Krakatau Sarana Properti Gersang Tarigan yang juga memberikan sharing session dalam acara ini, mengungkapkan, seorang pemimpin yang efektif harus mempunyai kemampuan negosiasi untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan. Kemampuan negosiasi semakin penting di tengah perusahaan sedang menjalankan strategi pertumbuhan.

“Inti dalam bernegosiasi adalah bagaimana aspirasi masing-masing pihak bisa dipenuhi dengan mengedepankan kesepakatan menang-menang dan mencegah kesepakatan kalah-kalah," katanya, dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10/2023).

Gersang menambahkan, pihaknya ingin para pemimpin di Krakatau Sarana Properti dan juga di Subholding KSI memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melakukan negosiasi. Makanya, pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan bagi pemimpin dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Sementara itu, Profesor Negotiation & Decision Making di Institut Teknologi Bandung Utomo Sarjonoputri yang menjadi trainer dalam pelatihan mengatakan negosiasi menjadi faktor yang krusial bagi calon pemimpin di PT Krakatau Sarana Properti yang berada di kawasan industri Krakatau. Contohnya, saat membeli tanah yang akan dibangun untuk perumahan tentu harus melalui negosiasi.

“Yang sering terjadi saat ini adalah lose-lose negotiation, yaitu hasil negosiasi dirasa sudah bagus tapi hasilnya tidak maksimal sehingga seolah-olah kita leaving money on the table. Jadi negosiasi itu bukan harus selalu menang, tapi bisa saja kalah untuk hal yang tidak terlalu penting dan menang untuk hal yang penting. Jadi hal seperti ini memang harus terus dilatih,” kata Utomo.

Utomo menjelaskan, ada dua jenis negosiasi yaitu kompetitif dan kolaboratif. Para peserta pelatihan diberikan pelatihan negosiasi kompetitif dan kolaboratif. Caranya melalui permainan kelompok.

General Manager The Royale Krakatau Hotel Rury Ilham mengapresiasi pelatihan kemampuan negosiasi yang dilakukan PT KSP. Di masa yang akan datang, The Royale Krakatau Hotel akan memberikan dukungan penuh terhadap semua jenis pelatihan yang akan dilakukan di hotel.



“Kegiatan seperti ini banyak manfaatnya dan ke depan Sapphire meeting room dan the Royale Krakatau Hotel akan menyiapkan tempat untuk training seperti ini dan mendatangkan trainernya. Ini merupakan bagian dari layanan kami kepada pelanggan setia hotel The Royale Krakatau,” jelas Rury.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)