Ganjar Untuk Semua Dorong Potensi Usaha Gula Aren di Pandeglang

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 08:30 WIB
loading...
Ganjar Untuk Semua Dorong Potensi Usaha Gula Aren di Pandeglang
Relawan Ganjar Untuk Semua (GUS) dalam acara menyerahkan bantuan alat produksi gula aren kepada pengrajin gula aren di desa Cijaralang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (20/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Ganjar Untuk Semua (GUS) melihat potensi pengembangan usaha gula aren yang selama ini menjadi penopang ekonomi masyarakat di sejumlah desa di Kabupaten Pandeglang.

Hal tersebut disampaikan Koordinator GUS Kabupaten Pandeglang, Oji Fachrurozi seusai ditemui dalam acara bakti sosial penyerahan bantuan alat produksi gula aren kepada pengrajin gula aren di desa Cijaralang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (20/10).

"Kami memberikan bantuan alat pengolahan gula aren kepada pengrajin yang konsisten pagi dan sore mengambil gula aren dan sudah menjadi penopang perekonomian mereka," ungkap Oji, dalam keterangan pers, Sabtu (21/10/2023).



Bantuan tersebut diberikan karena munculnya usulan kepada Ganjar Ubtuk Semua bahwa di Pandeglang Selatan memiliki empat kecamatan yang memiliki potensi usaha ekonomi yang produktif memproduksi gula aren.

"Hampir setiap rumah memproduksi 3 sampai 5 butir gula aren setiap hari. Apabila dikalikan 200 rumah, jumlahnya bisa mencapai 600 bahkan 1.000 butir dalam sehari, tentu ini bisa menghasilkan sirkulasi ekonomi yang baik dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkap Oji.

Dengan demikian, Oji merasa terpanggil ubtuk mengakomodir segala kebutuhan dari para pengrajin, banyak persoalan yang dihadapi, salah satunya peralatan yang masih seadanya.

"Memang kendalanya yaitu perabotan yang masih tradisional yang menyebabkan produksian gula aren belum dioptimalkan, sehingga kami berinisiatif memberikan bantuan," lanjut Oji.

Setelah melihat kondisi dan peluang yang ada, Oji semakin berkomitmen ubtuk memberikan perhatian dan pendampingan untuk meningkatkan potensi ekonomi secara terorganisir menjadi UMKM yang berkesinambungan.

"Kami upayakan bermediasi dengan pemerintah daerah dan Ketua Umum agar ini bisa jadi perhatian dan turut serta membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan," kata Oji.



Oji berharap kedatangan relawan Ganjar Untuk Semua di Pandeglang mampu menjadi solusi dan jembatan dalam mengusulkan persoalan rakyat yang ada di daerah Pandeglang.

"Alhamdullilah warganya kompak dan kami harap Pak Ganjar jadi presiden agar aspirasi kami bisa didengar dan diimplementasikan oleh pemerintah selanjutnya," pungkas Oji.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)