Xi Jinping Depak Menteri Keuangan, Diganti Pejabat Partai Komunis China

Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:05 WIB
loading...
Xi Jinping Depak Menteri Keuangan, Diganti Pejabat Partai Komunis China
Presiden China Xi Jinping menunjuk menteri keuangan baru dari pejabat Partai Komunis. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - China menunjuk Lan Fo'an sebagai menteri keuangan untuk menggantikan Liu Kun, memberinya tanggung jawab untuk meredakan risiko-risiko utang pemerintah daerah.

Dikutip dari BNN Bloomberg, penunjukan Lan dilaporkan stasiun televisi pemerintah CCTV pada hari Selasa. Langkah tersebut telah diperkirakan secara luas setelah bulan lalu China menunjuk Lan sebagai Kepala Kementerian Keuangan Partai Komunis.

Penunjukan ini terjadi pada situasi krusial bagi sistem fiskal China. Keuangan Pemerintah China menjadi lebih bergantung pada pinjaman selama satu dekade terakhir karena pemotongan pajak besar-besaran dan melemahnya pasar properti. Pada saat yang sama, Beijing berada di bawah tekanan untuk meningkatkan pengeluaran anggaran sosial untuk memenuhi kebutuhan populasi yang menua dan ekonomi.



Sebagai menteri keuangan, Lan kemungkinan akan berperan dalam membantu memutuskan apakah China harus meningkatkan defisit yang biasanya ditetapkan sebesar 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan kuota tahunan yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk menerbitkan obligasi untuk proyek-proyek investasi. Kementerian keuangan secara umum mengambil sikap konservatif terhadap pinjaman pemerintah.

Jabatan menteri keuangan tidak terlalu berkuasa di China dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya. Lan bukanlah anggota Politbiro, sebuah kelompok yang terdiri dari 24 pejabat tinggi Partai Komunis.

Profil Lan

Lan, 61 tahun, berasal dari provinsi Guangdong yang kaya raya di bagian selatan China yang berbatasan dengan Hong Kong. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai pejabat pemerintah, dan akhirnya ditunjuk sebagai wakil gubernur pada 2016.

Ia memulai kariernya sebagai staf juru tulis di kementerian keuangan dari tahun 1985 hingga 1988, dan kemudian menjabat sebagai kepala kantor audit provinsi Guangdong sebelum menjabat di jabatan-jabatan provinsi lainnya.

Presiden China Xi Jinping memiliki hubungan keluarga yang dekat dengan Guangdong, ayahnya pernah menjabat sebagai pejabat tinggi di sana pada 1970-an.



Dari Maret 2017 hingga April 2021, Lan menjabat sebagai anggota kelompok teratas pejabat komunis yang mengawasi provinsi pulau selatan Hainan, yang telah digunakan sebagai tempat uji coba reformasi kebijakan pajak dan perumahan. Dia juga mengepalai badan anti-korupsi partai di provinsi tersebut.

Ia diangkat menjadi gubernur provinsi barat laut Shanxi pada 2021. Di sana, ia mengawasi transisi sulit provinsi ini dari ketergantungan pada produksi batu bara ke sektor-sektor baru seperti energi terbarukan dan penyimpanan data.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)