Kejar Target 3,5 Juta Ha Sawah Ditanami Padi, Mentan Amran: Ini Urusan Perut Semua Orang

Senin, 30 Oktober 2023 - 11:23 WIB
loading...
Kejar Target 3,5 Juta Ha Sawah Ditanami Padi, Mentan Amran: Ini Urusan Perut Semua Orang
Mentan Amran menargetkan pada November mendatang sudah mulai tanam padi. Foto/Kementan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya bakal segera melakukan penanaman padi mulai November mendatang. Upaya itu untuk meningkatkan kapasitas produksi beras .



Target pada musim tanam November adalah 1,5 juta hektare (ha) sawah mampu ditanami padi, dan selanjutnya pada Desember ditargetkan 2 juta ha lahan sawah kembali ditanami. Total target sawah yang ditanami padi selama dua bulan itu adalah 3,5 juta ha.

"Ini harus dicapai, mutlak. Ini urusan perut semua orang," ujar Arman di kantornya, dikutip Senin (30/10/2023).

Amaran mengungapkan penanaman padi tersebut diharapkan mampu meningkatkan produksi yang bertujuan untuk mengurangi impor dan menjaga ketahanan pangan nasional melalui kecukupan persediaan.

Menurutnya saat ini beberapa wilayah sudah ada yang mulai masuk musim penghujan. Momentum tersebut dimanfaatkan agar nantinya mendapatkan hasil panen yang optimal untuk tahun 2024.

"Sekarang sudah alhamdulillah, stok ada, sekarang sudah musim hujan sudah masuk," lanjutnya.

Dalam rangka meningkatkan produksi tersebut, Amran mengatakan pihaknya bakal segera mengumpulkan kepala dinas di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya untuk melakukan pemetaan wilayah mana yang mempunyai lahan dan mulai punya intensitas hujan lebih awal pasca-kemarau.



"Pertama kami akan kumpulkan kepala dinas se Indonesia hari Senin, kami yakin tahu detail lahan yang akan ditanami, yang sudah ada lahan kita bantu bibit. Ini insentif bagi petani kita. Sekarang sudah ada bibit untik 50 ribu hektare, siapa yang cepat tanam, bibit sudah kita siapkan," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)