Erick Thohir Dorong Terwujudnya 11 Janji Presiden, Tersisa 2 Masih Proses

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:01 WIB
loading...
Erick Thohir Dorong Terwujudnya 11 Janji Presiden, Tersisa 2 Masih Proses
Minta agar 37 proyek strategis nasional (PSN) rampung pada tahun depan. Erick Thohir menambahkan terkait pencapaian janji Presiden 2020 sampai dengan 2024, dari 11 Janji Presiden, tujuh janji telah selesai. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ( Menko Marves ) Ad Interim, Erick Thohir meminta, agar 37 proyek strategis nasional (PSN) rampung pada tahun depan. Proyek tersebut bagian dari ekosistem bisnis transportasi di dalam negeri.

Saat ini rata-rata progres pembangunan ke-37 PSN tersebut baru mencapai 73%. Sehingga ditargetkan bisa rampung secara 100% pada 2024.

"Beberapa proyek strategis nasional yang perlu mendapat perhatian yaitu bandara dan pelabuhan yang sudah diselesaikan agar diperhatikan jalan akses serta fasilitas pendukung (penyediaan air, jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi)," ujar Erick Thohir di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Tak hanya itu, Erick juga meminta beberapa proyek PSN yang masih terkendala penyelesaian lahan dan Amdal agar segera diselesaikan sebelum 2024. Lalu, beberapa proyek yang baru dimulai seperti New Palembang Port dan KA Komuter Surabaya Gerbang Kertasusila agar ditetapkan target yang akan dicapai sampai dengan tahun 2024.

“Saya harap dapat dilakukan koordinasi antara Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, KLHK, Kementerian KLHK dan Kementerian BUMN dalam penyelesaian issue issue dalam Proyek Strategis Nasional,” ucapnya.



Erick Thohir menambahkan terkait pencapaian janji Presiden 2020 sampai dengan 2024, dari 11 Janji Presiden, tujuh janji telah selesai, dan dua janji masih dalam proses pelaksanaan.

Dua janji yang dimaksud diantaranya pembangunan bandara baru Sukabumi. Di mana, perlu disiapkan narasi kepada publik untuk penyelesaian kebutuhan dasar yang diperlukan. Lalu, soal waktu sampai kebutuhan dasar terpenuhi dan Kementerian Perhubungan secara aktif melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Konektivitas dengan wilayah perbatasan Timor Leste, melalui Pembukaan Rute Kupang – Dili agar dilakukan penjajakan kerja sama dengan Timor Leste terutama untuk strategi peningkatan permintaan, karena permasalahan pembukaan Rute Kupang – Dili rendahnya permintaan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)