Bank Dunia Tegaskan Ketidakpastian Regulasi Hambat Investasi

Rabu, 04 Oktober 2017 - 16:58 WIB
Bank Dunia Tegaskan Ketidakpastian Regulasi Hambat Investasi
Bank Dunia Tegaskan Ketidakpastian Regulasi Hambat Investasi
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif menarik minat investor global untuk menanamkan modalnya di Tanah Air. Namun, regulasi nasional yang serba tidak pasti bisa menghambat potensi tersebut.

Kepala Ekonom Bidang Makro dan Manajemen Fiskal Bank Dunia, Frederico Gil Sander mengatakan, yang dapat menghambat masuknya investasi global adalah ketidakpastian regulasi. Salah satunya, saat pemerintah berusaha menarik investasi, pada saat yang sama BI melakukan kebijakan Paymen Getway atau Gerbang Pembayaran Nasional.

"Dalam laporan kami yang keluar kemarin bahwa salah satu hambatan adalah ketidakpastian regulasi. Misalnya, ada contoh dalam laporan kami yang kemarin di sektor air. Saat ini ada sekitar 147 regulasi yang perlu dipermudah dan beberapa regulasi yang sangat kontradiktif," ujarnya usai teleconference di Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Dia menjelaskan, ketidakpastian pengadaan air hanya sebuah contoh ketidakpastian regulasi. Sehingga, tidak mendukung peran pertumbuhan investasi di Indonesia.

Menurutnya, kesalahan prediksi juga bisa memghambat pertumbuhan. Misalnya, asumsi lebih rendah pada paruh pertama, tidak ada daya beli yang meningkat saat Lebaran, dan lainnya.

Meski demikian, Frederico mengingatkan bahwa proyeksi ekonomi tahun ini 5,1% dan tahun depan diproyeksi 5,3% sehingga, tetap akan naik. "Jadi yang perlu dipertimbangkan adalah arah naiknya. Untuk makro ekonomi dari kuartal ke kuartal itu perubahan sangat kecil dan perlu dilihat adalah ke depan arahnya naik," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4353 seconds (0.1#10.140)