Ganjar-Mahfud Bakal Bikin Koperasi Jadi Corak Ekonomi Indonesia, Begini Pandangan Ahli

Rabu, 08 November 2023 - 12:17 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Bakal Bikin Koperasi Jadi Corak Ekonomi Indonesia, Begini Pandangan Ahli
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen mendorong peran koperasi dalam perekonomian nasional. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen mendorong peran koperasi dalam perekonomian nasional. Hal itu terpatri dalam visi dan misi mereka yang berjudul 'Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari'

Dalam dokumen yang diperkenalkan pada 24 Oktober 2023, fokus akan terus ditekankan untuk meningkatkan kemitraan antara perusahaan besar, koperasi, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta memperluas kapasitas UMKM melalui digitalisasi, termasuk upaya memudahkan akses ke pembiayaan dan pemasaran.



Menurut Profesor dari Universitas Pasundan Bandung, Rully Indrawan, saat ini terdapat lebih dari 130 ribu koperasi di seluruh Indonesia. Visi dan misi Ganjar-Mahfud dapat diwujudkan dengan melakukan seleksi terhadap koperasi yang ikut serta dalam program kemitraan.

Rully menyatakan bahwa tidak semua koperasi telah siap dan berkomitmen untuk menjadi koperasi yang unggul, meskipun masih ada banyak koperasi yang bersedia beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi yang adil.

Rully juga mencatat bahwa Ganjar-Mahfud menunjukkan komitmen yang kuat untuk menjalankan misi ini dengan menjadikan koperasi sebagai elemen penting dalam perekonomian nasional.

Tantangan utama yang harus diatasi adalah konsistensi kebijakan pemerintah dalam mendukung kemajuan koperasi. Menurutnya, pemerintah perlu menyusun peraturan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat koperasi.

Dan yang lebih penting adalah memastikan bahwa kebijakan tersebut diimplementasikan dengan baik hingga ke tingkat daerah. Rully juga mencatat bahwa koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah melemah belakangan ini.

Ganjar Pranowo sendiri memang dikenal memiliki rekam jejak yang baik dalam pemberdayaan Koperasi. Hal tersebut jelas terlihat dalam upaya pembentukan kelompok relawan yang mendukung Ganjar Pranowo, yang dikenal dengan nama Relasi Pijar. Kelompok ini sendiri merupakan singkatan dari Relawan Koperasi Pilih Ganjar, yang didirikan oleh beberapa anggota Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Menurut Sri Untari Bisowarno, Ketua Umum Dekopin dan Pembina Relasi Pijar, alasan utama dari dukungan penuh terhadap Gubernur Jawa Tengah dalam Pilpres 2024 adalah karena jejak rekam positifnya dalam mendukung koperasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)