Ajang Apresiasi Pencapaian Inovasi dan Implementasi IoT oleh Perusahaan dan Organisasi Publik

Kamis, 09 November 2023 - 18:16 WIB
loading...
Ajang Apresiasi Pencapaian Inovasi dan Implementasi IoT oleh Perusahaan dan Organisasi Publik
Sejumlah perusahaan dan lembaga publik menerima penghargaan pada IDIA Awards 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Inovasi teknolog memiliki kontribusi terbesar dalam kemajuan peradaban manusia. Dalam bidang bisnis , lahirnya inovasi-inovasi teknologi telah mengubah total lanskap bisnis.



Pengelolaan perusahaan dari proses A-Z hampir seluruhnya melibatkan kemajuan teknologi. Salah satu yang mengubah total pengelolaan perusahaan atau organisasi adalah diadopsi dan diimplementasikannya Internet of Things (IoT).

IoT penting untuk diimplemantasikan perusahaan/organisasi karena mampu memberikan peningkatan efisiensi, peningkatan produktivitas, peningkatan keamanan dan kenyamanan serta membuka jalan bagi inovasi berikutnya.

Hal ini dikarenakan IoT mampu melakukan otomasi berbagai tugas dan proses. Perangkat IoT memiliki kemampuan mengumpulkan dan mengirimkan data secara real-time, memungkinkan perusahaan dan organisasi publik membuat keputusan berdasarkan informasi terakurat dan teraktual.

Untuk mengapresiasi pencapaian inovasi dan implementasi internet of things (IoT) yang telah dilakukan perusahaan dan organisasi publik, digelarlah Indonesia Digital Innovation & Achievement (IDIA) Awards 2023. Penghargaan ini diserahkan pada malam puncak The 3rd IDIA Awards yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

Sebanyak 35 perusahaan dan organisasi publik menerima Indonesia Digital Innovation & Achievement (IDIA) Awards 2023. IDIA Awards 2023 yang digelar untuk ketiga kalinya ini, mengusung tema ‘’Digital Innovation and IoT Implementation for Future Efficiency, Productivity and Security.”

Ketua Dewan Juri IDIA Award 2023, Jamalul Izza, menjelaskan bahwa Inovasi digital dan implementasi IoT telah mengubah cara kita menjalankan bisnis, layanan publik, dan bahkan kehidupan sehari-hari. Teknologi ini memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh stakeholders.

“Satu hal yang tergambar selama berlangsungnya penjurian adalah kesadaran dari semua partisipan, baik organisasi bisnis ataupun organisasi publik untuk mengadopsi dan mengimplementasikan IoT untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, keamanan dan kenyamanan,” tuturnya.

Menurutnya, meski angkanya bervariasi tetapi semua partisipan telah menunjukkan hasil yang menggembirakan terkait dengan peningkatan efisiensi, produktivitas, keamanan dan kenyamanan yang didedikasikan untuk internal maupun eksternal organisasi. Bahkan beberapa partisipan telah mencapai kemajuan yang mengesankan dengan menciptakan growth di atas 1.000 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)