Harga Minyak Melonjak, Takut Sanksi Baru AS terhadap Iran

Senin, 16 Oktober 2017 - 08:27 WIB
Harga Minyak Melonjak, Takut Sanksi Baru AS terhadap Iran
Harga Minyak Melonjak, Takut Sanksi Baru AS terhadap Iran
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia dibuka melonjak memasuki pekan awal ini, dengan harga minyak mentah brent naik hingga 1% karena adanya kekhawatiran akan sanksi AS yang baru terhadap Iran mendorong harga minyak naik. Penurunan jumlah rig AS juga mendukung harga minyak.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/10/2017), harga minyak mentah brent sebagai patokan harga minyak internasional, berada di level USD57,79 per barel pada pukul 00.33 GMT, naik 62 sen atau 1,1% dari penutupan sebelumnya.

Pedagang mengatakan bahwa kekhawatiran atas sanksi AS yang baru-baru ini terhadap Iran mendorong harga minyak naik. Presiden Amerika Serikat Donald Trump menentang kesepakatan nuklir Iran 2015 pada Jumat, menentang kedua sekutu dan lawan AS dengan menolak untuk secara formal menyatakan bahwa Teheran mematuhi kesepakatan tersebut meski inspektur internasional mengatakan hal itu.

Berdasarkan UU AS, presiden harus menyatakan setiap 90 hari kepada Kongres bahwa Iran mematuhi kesepakatan tersebut. Kongres AS sekarang memiliki waktu 60 hari untuk memutuskan apakah akan mengajukan sanksi ekonomi kepada Teheran yang dicabut di bawah pakta tersebut.

Selama putaran sebelumnya sanksi terhadap Iran, sekitar 1 juta barel per hari (bpd) pasokan minyak mentah dipangkas dari pasar global. Sementara para analis mengatakan bahwa mereka tidak mengharapkan sanksi baru memiliki dampak yang besar lagi, terutama karena AS kemungkinan akan bertindak sendiri, mereka memperingatkan bahwa tindakan semacam itu akan mengganggu.

"Jika Iran ditemukan melanggar perjanjian nuklir mereka dan membatalkan perjanjian perdagangan mereka, (itu) akan menjadi katalis terbesar untuk momentum kenaikan harga minyak mentah," kata penasihat Shane Chanel, penasihat ekuitas dan derivatif di ASR Wealth Advisers.

Di AS, harga minyak mentah juga naik karena pengebor mengurangi jumlah rig yang mengetuk produksi baru. Harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada level USD51,88 per barel, naik 43 sen atau 0,8%.

Drillers memangkas lima rig minyak dalam minggu sampai 13 Oktober, sehingga jumlah totalnya menjadi 743, yang terendah sejak awal Juni, perusahaan layanan energi Baker Hughes (GE.N) General Electric Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan pengetatan Jumat malam.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7845 seconds (0.1#10.140)