Cara Menko PMK Menghadapi Fenomena Alam Super El Nino

Jum'at, 17 November 2023 - 07:35 WIB
loading...
Cara Menko PMK Menghadapi Fenomena Alam Super El Nino
Menko PMK, Muhadjir Effendy ikut menyoroti fenomena alam seperti super el nino yang membuat suhu bumi meningkat, demi melindungi generasi penerus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tak sekedar menambah bumi semakin panas, pemanasan global dan perubahan iklim juga mempengaruhi berbagai aspek alam dan kehidupan manusia seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian, hingga ekosistem wilayah pesisir. Jika dibiarkan, keberlangsungan bumi terancam.



Meresponnya, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melaksanakan Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui penanaman #SepuluhJutaPohon yang telah dilakukan sejak 24 Mei 2022 lalu. Hingga saat ini, 4,7 juta pohon telah ditanam bekerjasama dengan kelompok masyarakat, organisasi keagamaan, perguruan tinggi, dunia usaha, dan berbagai unsur pemerintahan.

"Inisiatif aksi nyata gerakan penanaman 10 juta pohon bermula dari pertemuan internasional GPDRR (Global Platform for Disaster Risk Reduction) di Bali yang bersepakat bersama-sama menggerakkan penanaman pohon di seluruh dunia untuk mengurangi dampak pemanasan global. Indonesia berkomitmen menanam 10 juta pohon," ujar Menko PMK, Muhadjir Effendy saat berpidato pada acara penanaman 10 juta pohon kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).



Menko Muhadjir menambahkan, untuk mencapai target penanaman 10 juta pohon di akhir tahun 2024, Presiden Joko Widodo menginstruksikan bekerjasama dengan POLRI."Pencanangan 10 juta pohon oleh Kapolri hari ini diharapkan mendorong kepolisian se-Indonesia betul-betul ikut terlibat langsung dalam penanaman pohon," harap Menko Muhadjir.

Senada dengan Menko PMK, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, bahwa pekerjaan penanaman 10 juta pohon adalah pekerjaan besar yang tak bisa dikerjakan oleh 1 kementerian saja, namun harus gotong royong.

"Kita harus gotong royong seperti yang diperintahkan Presiden demi melindungi anak cucu," tegas Kapolri saat memberikan pengarahan langsung kepada seluruh Polda se Indonesia melalui sambungan teleconference.

Baik Menko PMK dan Kapolri berpesan agar seluruh Polda dan jajarannya hingga ditingkat bawah supaya tak hanya menanam namun juga merawat dan cek pertumbuhannya.

Kesiapan Polda-polda se Indonesia

Acara yang ditandai dengan penanaman pohon nangka oleh Menko PMK dan Kapolri ini juga serempak dilakukan oleh 34 Polda se Indonesia. Di GOR Pangeran Timoer, Madiun, selain Menko PMK dan Kapolri, turut melaksanakan penanaman pohon antara lain, pejabat Polri, pejabat TNI, perwakilan Kementerian LHK, Kementerian Pertanian dan berbagai komponen masyarakat di Kabupaten Madiun.

Dalam kesempatan teleconference, beberapa Polda seperti Polda Jateng, Sumsel, dan Sulsel melaporkan bahwa seluruh jajaran Polda & Polres-Polres di wilayah masing-masing siap menggerakan dan menyukseskan aksi nyata GNRM penanaman #SepuluhJutaPohon di seluruh Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)