Beri Pemahaman Literasi Keuangan dan Pembiayaan APBN ke Relawan Mengajar dan Pegiat

Jum'at, 17 November 2023 - 11:27 WIB
loading...
Beri Pemahaman Literasi Keuangan dan Pembiayaan APBN ke Relawan Mengajar dan Pegiat
Memberikan pemahaman literasi keuangan negara dan pembiayaan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) bagi para peserta, khususnya pegiat komunitas literasi dan relawan mengajar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Relawan Mengajar dan Pegiat, Ubaidi Socheh Hamidi menyampaikan, bahwa acara InTalks to Community dapat memberikan pemahaman literasi keuangan negara dan pembiayaan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) bagi para peserta, khususnya pegiat komunitas literasi dan relawan mengajar.

"Harapannya setelah kegiatan ini, para relawan mengajar dan pegiat komunitas literasi dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan yang diperoleh pada komunitas masing-masing," kata Ubaidi Socheh Hamidi dalam Inclusive Talks (InTalks) to Community: Komunitas Relawan Mengajar dan Pegiat Literasi yang bertajuk “Learning Culture, for Better Futre: Aktif, Smart dan Bijak Keuangan”, di Usmar Ismail Hall, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Kamis (16/11/2023).



Literasi keuangan dan APBN kini menjadi krusial, mengingat pengetahuan tentang cara bijak mengelola #UangKita adalah kunci untuk membentuk masa depan keuangan terjamin dan berkelanjutan. Hal itu juga memungkinkan kita untuk lebih memahami bagaimana pemerintah mengelola perekonomian negara, dan peran strategis APBN bagi pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

"Keuangan negara dan APBN dikelola dalam rangka untuk menjalankan tiga fungsi yaitu stabilisasi, alokasi dan distribusi,” jelas Ubaidi Socheh Hamidi.



Perlu ada upaya secara terus menerus untuk menemukan dan mengembangkan cara mengajar tentang literasi keuangan dan APBN yang lebih efektif, cerdas, dan menyenangkan. DJPPR memiliki komitmen untuk mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat, termasuk bagi berbagai komunitas literasi sebagai bagian upaya nyata mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagaimana diketahui, InTalks to Community merupakan wadah berkolaborasi dengan para komunitas dan generasi muda untuk meningkatkan literasi keuangan dan pembiayaan APBN. Acara ini dikemas dengan media permainan, berbagi cerita inspiratif, santai dan menyenangkan, namun pesan dan informasi tentang kinerja APBN #UangKita tetap dapat tersampaikan.

InTalks to Community kali ini menghadirkan narasumber Kepala Subdirektorat Mitigasi Risiko APBN DJPPR Kemenkeu Albertus Kurniadi, Psikolog Klinis dan Keluarga Pritta Tyas, dan pegiat literasi dan permainan tradisional Aghnina Wahdini. Serta dipandu oleh Rekan Muda DJPPR Fahrur Ridho dan Komika Jui Purwanto.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)