Branding Whoosh Melesat hingga Negeri Tetangga, Menhub Pamer di Depan DPR

Rabu, 22 November 2023 - 08:25 WIB
loading...
Branding Whoosh Melesat hingga Negeri Tetangga, Menhub Pamer di Depan DPR
Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, bahwa Whoosh kini lebih terkenal di berbagai negara dibandingkan sebutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, bahwa Whoosh kini lebih terkenal di berbagai negara dibandingkan sebutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung .Menhub menceritakan bahwa ketika ia melakukan kunjungan kerja ke negeri Jiran Malaysia, dan Singapura, banyak yang menanyakan kabar dari Whoosh.

"Saya senang karena kalau saya ke beberapa negara Malaysia, Singapura, mereka yang ditanya bukan kereta cepat, tapi bagaimana kabarnya Whoosh. Artinya branding Whoosh ini sudah bagus," katanya saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Gedung DPR RI, Selasa (21/11/2022).



Ia mengatakan, branding yang diberikan untuk proyek kereta cepat pertama di Asia tersebut telah berhasil. Terang Menhub,bahwa Whoosh ini merupakan proyek kebanggaan masyarakat Asia Tenggara dan bukan hanya Indonesia saja. Pasalnya kata Menhub, banyak masyarakat Malaysia yang sengaja datang ke Indonesia untuk menjajal proyek kereta cepat tersebut.

"Ternyata banyak sekali teman-teman Malaysia yang datang dari Malaysia lewat Kertajati ke Bandung nginep semalam, satu hari di Jakarta, lalu balik lagi ke Malaysia. ini satu kebanggaan bagi masyarakat Asia Tenggara bukan hanya Indonesia saja," katanya.



Adapun sebelumnya, Menhub juga mengatakan bahwa kini Whoosh menjadi destinasi baru bagi warga negera Malaysia. "Sekarang itu orang Malaysia kalo ke Bandung itu destinasi wisatanya adalah Whoosh," kata Menhub dikutip dari video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Jumat (16/11/2023).

Sebagai informasi, Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023). Peresmian tersebut juga sekaligus menetapkan branding Whoosh pada Kereta Cepat.

"Kereta cepat Jakarta Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam, dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh, W, o, o, s, h, di baca whoosh," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa nama Whoosh terinspirasi dari suara kecepatan dan memiliki singkatan Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat (Whoosh).

"Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari Waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Sekali lagi W, h, o, o , s h, tapi bacanya wus," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)