Pertamina Gebuk 400 SPBU yang Selewengkan BBM Subsidi

Rabu, 22 November 2023 - 14:13 WIB
loading...
Pertamina Gebuk 400 SPBU yang Selewengkan BBM Subsidi
SPBU yang selewengkan BBM subsidi kena sanksi berat Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengungkap, pihaknya menghentikan suplai bahan bakar minyak ( BBM ) jenis solar kepada 400 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang melakukan penyalahgunaan BBM subsidi. Tidak hanya itu, ratusan SPBU tadi juga harus membayar denda administrasi mencapai Rp14,8 miliar.



"Upaya pengawasan yang kami lakukan bersama-sama dengan aparat keamanan itu dapat melakukan punishment atau stop supply kepada lebih dari 400 SPBU dengan nilai denda yang kita tagihkan ke SPBU sebesar Rp14,8 miliar," jelasnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, dikutip Rabu (22/11/2023).

Riva juga melaporkan bahwa berdasarkan hasil penindakan penyalahgunaan Jenis BBM tertentu atau JBT (solar) dan jenis BBM khusus penugasan atau JBKP (Pertalite) bersama aparat penegak hukum setidaknya terdapat 406 laporan dan 430 tersangka.

Ia pun memastikan bahwa perseroan akan melakukan berbagai macam upaya agar BBM bersubsidi dapat direrima oleh masyarakat yang membutuhkan atau tepat sasaran. Semua upaya pengendalian, pencegahan dan juga pengawasan JBT dan JBKP juga terbukti memberikan penghematan dan pengurangan konsumsi.

Ia pun mengklaim terdapat penghematan 300 ribu kiloliter (KL) dari pencegahan penyelewengan tersebut.



"Subsidi tepat dari solar ini menghasilkan penghematan ataupun pengurangan dari konsumsi sebesar 1,3 juta KL. Sementara untuk Pertalite yang hingga saat ini berada under kuota yaitu di angka 1,7 juta KL," tutupnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)