Seluruh Gerbang Tol Ngurah Rai Bakal Terapkan Teknologi Nir Sentuh Mulai Maret 2024

Kamis, 23 November 2023 - 08:37 WIB
loading...
Seluruh Gerbang Tol Ngurah Rai Bakal Terapkan Teknologi Nir Sentuh Mulai Maret 2024
Targetnya seluruh gardu di gerbang Tol Ngurah Rai bakal diterapkan sistem sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa setop mulai Maret 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara. Targetnya seluruh gardu di gerbang Tol Ngurah Rai bakal diterapkan sistem MLFF sebagai bentuk uji coba.



Dijelaskan Menteri Basuki, uji coba MLFF ini adalah transisi, seperti halnya dulu beralih dari transaksi cash menjadi non cash dengan tapping e-money pasti membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/11/2023).



Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, untuk uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, proses transisi penerapan MLFF diharapkan dapat berjalan dengan cepat. Namun memang masa transisi ini merupakan bagian terpenting untuk mengubah pola transaksi masyarakat.

"Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya, perlahan kita hapus penggunaan tapping, tapi saat ini masih hibrid antara MLFF dan tapping," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)