Survei: Ganjar Pranowo Jadi Capres yang Paling Peduli Isu Maritim

Kamis, 23 November 2023 - 16:36 WIB
loading...
Survei: Ganjar Pranowo Jadi Capres yang Paling Peduli Isu Maritim
Lembaga Arus Survei Indonesia menyatakan Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menjadi sosok yang dinilai paling peduli terhadap isu maritim. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga Arus Survei Indonesia menyatakan Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menjadi sosok yang dinilai paling peduli terhadap isu maritim . Hal itu jika dibandingkan dengan dua capres lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Survei Arus Indonesia awalnya mempertanyakan kepada responden terkait tingkat kepentingan isu kelautan dan perikanan (maritim) di Indonesia untuk menjadi visi-misi capres-cawapres di Pemilu 2024. Hasilnya temuan memperlihatkan 77,3% responden menjawab isu maritim penting dengan rincian 26% sangat penting, dan 51,3% cukup penting.



Kemudian Arus Survei Indonesia kembali mempertanyakan sosok mana yang dianggap peduli terhadap isu kemaritiman. Hasilnya, Ganjar Pranowo dipilih sebagai sosok yang dinilai peduli terhadap isu kemaritiman dengan dipilih sebanyak 33% responden.

“Yang pertama yang paling unggul menurut publik adalah Ganjar Pranowo dengan angka 33 persen,” ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023).

Sementara, Prabowo Subianto dipilih sebanyak 32,3% dan berada di bawah Ganjar. Adapun Anies Baswedan dipilih responden sebanyak 24,7% dan sisanya yakni 10% menjawab tidak tahu.

“Selanjutnya Prabowo Subianto di 32,3% persen dan Anies Baswedan 24,7 persen,” ungkapnya.

Sebagai informasi, temuan Arus Survei Indonesia dilakukan pada periode 15-21 Oktober 2023. Survei dilakukan dengan cara telesurvei dengan mewawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.



Metodologi penarikan data ini dilakukan menggunakan Random Digit Dialing (RDD) yaitu teknik pemilihan sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Adapun total responden yang mengikuti ialah 1.200 responden dengan asumsi simple random sampling maka margin of error adalah sekira 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)