Visi Ganjar-Mahfud Mensejahterakan Maritim Indonesia, Ini 3 Manfaat Ekonomi Laut

Minggu, 12 November 2023 - 17:25 WIB
loading...
Visi Ganjar-Mahfud Mensejahterakan Maritim Indonesia, Ini 3 Manfaat Ekonomi Laut
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah menetapkan sektor maritim sebagai salah satu pilar utama dalam agenda pembangunan mereka. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memajukan Indonesia, visi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah menetapkan sektor maritim sebagai salah satu pilar utama dalam agenda pembangunan mereka.

Dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam memanfaatkan sumber daya laut untuk mendorong kesejahteraan ekonomi. Sebagai negara maritim, ini peran pemerintah dan masyarakat untuk bisa memanfaatkan dan juga menjaga kualitas laut demi hasil yang berkelanjutan.

Untuk mengerti lebih dalam mengapa visi-misi Ganjar-Mahfud berfokus kepada sektor ini, kita harus melihat dari manfaat yang didapatkan melalui ekonomi laut.

Berikut adalah tiga manfaat utama yang diharapkan dari fokus pada ekonomi laut dalam visi Ganjar-Mahfud.

1. Peningkatan Perekonomian Melalui Sektor Kelautan
Ekonomi laut menawarkan peluang luas untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Dengan memanfaatkan sumber daya laut seperti perikanan, pariwisata, dan transportasi laut, Indonesia dapat meningkatkan ekspor dan produksi domestik.

Ini termasuk pengembangan industri perikanan berkelanjutan, yang tidak hanya memperkuat ketahanan pangan tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi lokal dan nasional. Selain itu, pariwisata laut yang dikelola dengan baik dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan, menarik wisatawan domestik maupun internasional.



Potensi ekonomi laut Indonesia yang belum sepenuhnya dieksplorasi menjanjikan keuntungan ekonomi yang substansial dan berkelanjutan. Sektor perikanan, misalnya, tidak hanya berperan dalam meningkatkan ketahanan pangan, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi pemain utama dalam pasar ekspor global, memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi lokal.

Pengembangan industri perikanan yang berkelanjutan, dengan teknologi penangkapan yang efisien dan ramah lingkungan, akan mengamankan pasokan ikan dalam jangka panjang, sekaligus membuka peluang ekspor yang lebih luas.

Di sisi lain, pariwisata bahari menawarkan peluang unik untuk menampilkan keindahan alam Indonesia ke panggung dunia, mengundang investasi dan meningkatkan pendapatan dari kunjungan wisatawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)