alexa snippet

Gas Melon Langka, Pertamina Pastikan Tak Ada Penimbunan

Gas Melon Langka, Pertamina Pastikan Tak Ada Penimbunan
Pertamina memastikan bahwa tidak terjadi penimbunan LPG 3 kg di seluruh daerah di Indonesia, ketika terjadinya kelangkaan gas LPG 3 Kg di sejumlah daerah. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa tidak terjadi penimbunan LPG 3 kilogram (kg) di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini merespons terjadinya kelangkaan gas LPG 3 Kg di sejumlah daerah.

(Baca Juga: Kuota LPG 3 Kg Membengkak, Pertamina Tanggung Rp1 Triliun)

Direktur Pemasaran Pertamina Muchammad Iskandar mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Pengecekan termasuk mengenai potensi adanya unsur spekulasi.

"Untuk antisipasi kelancaran distribusi tentu kita di lapangan selalu melakukan cek on the spot. Sampling, apalagi kalau ada indikasi disitu ada menjelang kekurangan pasokan. Biasanya kita cek, apa ini karena ada unsur spekulan atau konsumsi yang tiba-tiba meningkat," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

(Baca Juga: Stok Aman, Pertamina Bingung Gas Elpiji 3 Kg Menghilang)

Setelah dilakukan pengecekan, Iskandar mengaku belum menemukan adanya indikasi penyimpangan atau penimbunan LPG 3 kg. Menurutnya, kelangkaan ini lebih disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat akan pasokan gas melon tersebut yang langka.

"Dari peristiwa yang sekarang ini, kami masih belum menemukan perilaku bisnis melakukan penimbunan. Kita belum menemukan, namun lebih ke permasalahan ada kebutuhan yang memang tiba-tiba muncul. Kemungkinan gelisah kita nggak tau," imbuh dia.

Selain itu, Ia menerangkan kelangkaan juga lebih disebabkan oleh faktor cuaca yang ekstrem sehingga membuat distribusi LPG menjadi tersendat. "Di spot-spot, karena memang dipicu ada di daerah seperti Gorontalo karena ombak besar jadi terlambat sekitar setengah hari putus, sempat ada tabung yang dilempar segala macam. Malamnya langsung di recover, dan hari kedua pulih," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top