3 Negara Pemberi Utang ke Israel, AS Mendominasi

Kamis, 30 November 2023 - 14:53 WIB
loading...
3 Negara Pemberi Utang ke Israel, AS Mendominasi
Ada sejumlah negara pemberi utang ke Israel untuk membantu dalam invasi Palestina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara pemberi utang ke Israel untuk membantu dalam invasi Palestina. Negara pemberi utang tersebut tentunya berasal dari negara maju.

Amerika Serikat (AS) menjadi negara yang sudah banyak membantu Israel dalam misinya. Negara ini tidak hanya membantu secara finansial saja, tetapi juga mendukung Israel melalui jalur politik dunia.

Selain Amerika rupanya ada beberapa negara maju lainnya yang diketahui membantu Israel. Adapun deretan negara yang telah memberi utang kepada Israel adalah sebagai berikut.

Tiga Negara Pemberi Utang ke Negara Israel


1. Amerika Serikat


Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak memberikan bantuan militer dan ekonomi kepada Israel sejak Perang Dunia II. Pada tahun 2020, AS memberikan USD3,8 miliar (sekitar Rp55 triliun) kepada Israel di mana hampir seluruhnya adalah bantuan militer.



AS juga mendukung Israel dalam konflik dengan Palestina dan negara-negara Arab lainnya, serta mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Alasan AS mendukung Israel adalah karena kepentingan strategis, politik, dan ideologis di Timur Tengah.

2. Inggris


Inggris juga termasuk negara yang banyak memberi pinjaman dan bantuan kepada Israel. Negara ini mendukung penuh upaya Israel dalam menduduki negara Palestina dalam upaya memberantas teroris yang dimaksudnya, Hamas.



Berdasarkan data dari OECD, bantuan Inggris kepada Israel paling banyak pada tahun 2019, yaitu sebesar USD31,7 juta (sekitar Rp460 miliar). Pada tahun 2020, bantuan Inggris menurun menjadi USD19,8 juta (sekitar Rp287 miliar).

Selain itu, pada tahun 2021, bantuan Inggris diperkirakan sebesar USD20,4 juta (sekitar Rp295 miliar). Salah satu contoh bantuan Inggris kepada Israel adalah proyek UK-Israel Tech Hub, yang bertujuan untuk mempromosikan inovasi dan kemitraan antara kedua negara di bidang teknologi digital.

3. Prancis


Selanjutnya ada Prancis. Negara ini juga memiliki hubungan sejarah dan budaya yang kuat dengan Israel, terutama karena banyak orang Yahudi Prancis yang berimigrasi ke Israel sejak tahun 1948.

Hingga saat ini Prancis telah memberikan bantuan ekonomi, militer, dan kemanusiaan kepada Israel, serta menjalin kerja sama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan. Tak lupa pula negara ini juga terus memberi bantuan dan pinjaman utang kepada Israel.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)