Ini Cara Pertamina Patra Niaga Mengurangi Pengangguran

Sabtu, 16 Desember 2017 - 08:35 WIB
Ini Cara Pertamina Patra Niaga Mengurangi Pengangguran
Ini Cara Pertamina Patra Niaga Mengurangi Pengangguran
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) melaksanakan program CSR pemberdayaan ekonomi perempuan istri awak mobil tangki (AMT). Direktur Operasi PT Pertamina Patra Niaga, Abdul Cholid mengatakan, peserta program CSR Pertamina Patra Niaga diajarkan keterampilan mengolah makanan ringan dan pembuatan kalung sulam.

"Pesertanya 25 ibu rumah tangga mengikuti pelatihan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga AMT, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga AMT selaku mitra Pertamina Patra Niaga sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2017).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Terminal BBM Surabaya Group Jalan Perak Barat No. 277, Surabaya, Jawa Timur. Abdul Cholid mengungkapkan, tantangan ke depan tidak hanya menciptakan wirausaha baru, namun bagaimana peranan perusahaan dalam membangun bisnis berkesinambungan bersama masyarakat.

"TBBM Surabaya Group menjadi salah satu lokasi kick off program untuk pemberdayaan ekonomi melalui pelatihan wirausaha perempuan, yang akan segera diikuti oleh TBBM lainnya yang dikelola oleh Pertamina Patra Niaga di berbagai daerah," kata Abdul Cholid.

Untuk mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia, Pertamina Patra Niaga berkomitmen mewujudkan wirausaha baru di 23 lokasi terminal BBM yang dikelola melalui bantuan pelatihan dan pembinaan. PT Pertamina Patra Niaga juga merancang kurikulum kewirausahaan yang berorientasi untuk menciptakan kewirausahaan yang inovatif dan kreatif.

"Saya tekankan wirausaha memiliki peranan penting dalam pembangunan, semakin banyak jumlah wirausaha maka pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih baik," tegasnya.

Ia melanjutkan, wirausaha membutuhkan keberanian dan keteguhan dalam memenuhi kebutuhan hidup, seorang entrepreneur harus memiliki sifat percaya diri yang tinggi, berorientasi pada prestasi, berani mengambil risiko, berjiwa independen, ulet, tekun, dan selalu berpikir positif.

Program CSR yang dilaksanakan Pertamina Patra Niaga bertujuan mengurangi angka pengangguran dan memperbanyak peluang kerja dengan cara mendorong perkembangan wirausaha produktif di Indonesia, khususnya keluarga AMT yang berdomisili di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Kesempatan kerja dengan kewirausahaan diberbagai bidang ini, dapat dimanfaatkan secara maksimal semua lulusan jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD sampai lulusan perguruan tinggi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5511 seconds (0.1#10.140)