Ini Bahaya AI yang Dimanfaatkan Israel untuk Membunuh Warga Tak Berdosa di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 19:21 WIB
loading...
Ini Bahaya AI yang Dimanfaatkan Israel untuk Membunuh Warga Tak Berdosa di Gaza
Tentara Israel menggunakan AI untuk menyerang Gaza yang mengakibatkan banyak warga sipil tewas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel telah mengerahkan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan target pembunuhan yang telah mengubah Gaza menjadi “pabrik pembunuhan massal.” Itu terungkap dalam laporan investigasi baru yang diterbitkan oleh media Israel +972 Magazine.

Sistem ini berbeda secara signifikan dari operasi militer sebelumnya yang menyebabkan pembunuhan tanpa pandang bulu dan tingginya angka kematian warga sipil selama serangan Israel di Gaza saat ini.

"Tentara Israel memiliki data mengenai sebagian besar target potensial di Gaza – termasuk rumah – yang menetapkan jumlah warga sipil yang kemungkinan terbunuh dalam serangan terhadap target tertentu," kata sumber kepada +972.

Jumlah ini dihitung dan diketahui sebelumnya, dan unit intelijen Angkatan Darat juga mengetahui secara kasar berapa banyak warga sipil yang pasti akan terbunuh sesaat sebelum melakukan serangan.



Menyoroti pengabaian yang mengejutkan terhadap kehidupan warga sipil, laporan tersebut menemukan bahwa komando militer Israel secara sadar menyetujui pembunuhan ratusan warga sipil Palestina dalam upaya untuk membunuh seorang komandan militer Hamas.

“Jumlahnya meningkat dari puluhan kematian warga sipil [diizinkan] sebagai kerusakan tambahan sebagai bagian dari serangan terhadap pejabat senior dalam operasi sebelumnya, menjadi ratusan kematian warga sipil sebagai kerusakan tambahan,” kata salah satu sumber kepada +972.

Protokol yang diperluas untuk memilih target yang digunakan oleh Israel telah membuat tentara Israel secara signifikan meningkatkan pemboman terhadap infrastruktur yang tidak bersifat militer. Ini termasuk tempat tinggal pribadi serta gedung-gedung publik, infrastruktur dan blok-blok bertingkat tinggi, yang menurut sumber-sumber militer didefinisikan sebagai “target kekuatan”.

“Tidak ada yang terjadi secara kebetulan,” kata sumber lain.

Ketika seorang anak perempuan berusia 3 tahun dibunuh di sebuah rumah di Gaza, hal ini terjadi karena seseorang di tentara memutuskan bahwa pembunuhan terhadap anak tersebut bukanlah suatu masalah besar – bahwa itu adalah harga yang pantas dibayar untuk dapat memukul [yang lain] target.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)