RI Tawarkan Investasi Bandara Haji dan Umroh ke Operator Bandara Jeddah

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:01 WIB
loading...
RI Tawarkan Investasi Bandara Haji dan Umroh ke Operator Bandara Jeddah
Menhub Budi Karya Sumadi saat bertemu dengan CEO PPMDC Adnan MT Al-Saggaf, dalam kunjungan kerja ke Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (2/12/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menawarkan peluang kerja sama investasi di sejumlah bandara di Indonesia yang melayani penerbangan haji dan umroh kepada Port Projects Management & Development Co (PPMDC).

Tawaran tersebut dilontarkan Menhub saat bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) PPMDC Adnan MT Al-Saggaf, dalam kunjungan kerja ke Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (2/12) lalu. PPMDC merupakan operator bandara pertama di Arab Saudi, yang saat ini mengoperasikan Bandara Haji King Abdul Aziz, Jeddah.



"Kami tawarkan investasi dengan membentuk joint venture bersama dengan operator bandara di Indonesia, dalam rangka mengembangkan bandara-bandara di Indonesia. Serta meningkatkan konektivitas antara bandara haji dan umroh di Indonesia dengan bandara di Jeddah dan Madinah," papar Menhub Budi dalam siaran pers, Minggu (3/12/2023).

Menanggapi tawaran tersebut, CEO PPMDC Adnan MT Al-Saggaf pun menyatakan ketertarikannya. Dia mengaku siap melakukan investasi di bandara-bandara haji dan umroh di Indonesia. "Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun dan sebagai pengelola bandara haji di Jeddah, PPMDC yakin dapat memberikan yang terbaik bagi pengelolaan bandara haji dan umroh di Indonesia," ungkapnya.

Tercatat, PPMDC sebelumnya telah meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Angkasa Pura 2 (AP 2) untuk penjajakan kerja sama pengoperasian dan pengembangan terminal haji dan umroh.



Pada 2023, Indonesia memiliki 13 bandara yang digunakan untuk embarkasi penerbangan haji dan 6 bandara embarkasi haji antara. Ke-13 bandara tersebut adalah Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh), Kualanamu (KNO/Medan), Minangkabau (PDG/Padang), Hang Nadim (BTH/Batam), Mahmud Badaruddin II (PLM/Palembang), Soekarno Hatta (CKG/Cengkareng), Adi Sumarmo (SOC/Solo).

Kemudian, Juanda (SUB/Surabaya), Syamsudin Noor (BDJ/Banjarmasin), Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN/Balikpapan), Sultan Hasanuddin (UPG/Makassar), Lombok (LOP/Praya), dan Kertajati (KJT/Majalengka).

Indonesia juga memiliki 6 bandara embarkasi haji antara yaitu Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Fatmawati Soekarno Bengkulu, Depati Amir Bangka Belitung, Radin Inten II Lampung, dan Djalaluddin Gorontalo.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)