Kunjungi Pasar-Pasar Tradisional, Ganjar Beri Solusi Konkret Atasi Kenaikan Harga Pangan

Rabu, 06 Desember 2023 - 18:59 WIB
loading...
Kunjungi Pasar-Pasar Tradisional, Ganjar Beri Solusi Konkret Atasi Kenaikan Harga Pangan
Di tiap pasar, Ganjar selalu mendapat keluhan dari pedagang terkait kenaikan harga bahan pangan. Inilah jawab konkret dari capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu. Foto/Dok
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Ganjar Pranowo , rutin mengunjungi pasar tradisional di sejumlah daerah di Indonesia. Kali ini, capres nomor urut 3 itu berkunjung di Pasar Selasa Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).



Di tiap pasar, Ganjar selalu mendapat keluhan dari pedagang terkait kenaikan harga bahan pangan . Inilah jawab konkret dari capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu.

Pertama, maksimalkan peran Bulog sebagai kepanjangan tangan pemerintah. Sehingga pangan tidak bisa diliberalisasi.

"Negara harus bisa mengendalikan harga pangan. Bulog harus dikembalikan fungsinya, karena pangan tidak boleh diliberalkan. Subsidi bukan hanya pupuk, tapi juga subsidi hasil pertaniannya," ujar Ganjar.



Keberadaan Bulog, lanjutnya juga sebagai upaya pemangkasan sistem distribusi yang memengaruhi besarnya harga. "Jadi Bulog bisa langsung membeli dari petani. Sehingga petani tidak menjual kepada tengkulak," imbuhnya.

Kedua, pemerintah harus punya data pertanian secara detil. Mulai dari lahan, komoditas tanaman hingga petani. Data tersebut dapat mengendalikan kestabilan produksi pertanian.

"Saya sudah sampaikan berkali-kali, kalau data itu penting. Data menjadi acuan mulai dari produksi hingga hasil produksi," lanjutnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menambahkan, pentingnya pemerintah membangun pabrik pupuk khusus petani. "Banyak keluhan minimnya pupuk untuk petani, jadi rasa-rasanya pemerintah harus bangun pabrik pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)