Diapresiasi Jokowi, Bank BRI Paling Besar Salurkan KUR

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:56 WIB
loading...
Diapresiasi Jokowi, Bank BRI Paling Besar Salurkan KUR
Presiden Jokowi didampingi Dirut BRI Sunarso dalam rangkaian acara Opening Ceremony BRILianpreneur di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengapresiasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). Penyaluran KUR terbesar dilakukan oleh BRI.

"Kita liat penyaluran kredit perbankan ke UMKM baru 21% dan yang paling gede di BRI mencapai 83%," kata Jokowi saat sambutan di Opening Ceremony BRILianpreneur di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/12/2023).



Jokowi mendorong agar bank-bank yang lain mengikuti jejak BRI. Pasalnya bank-bank lain masih memiliki peluang yang cukup besar.

"Di China itu 65%, gede banget, di Jepang 65%, di India 50%, sehingga pak menteri BUMN mungkin nanti dengan BRI dan OJK ini terus bisa diperbaiki, karena tidak semua UMKM kita itu memiliki aset agunan," jelas Jokowi.

Jokowi menyebut 61% produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia didukung oleh UMKM. Di mana, sebesar 97% UMKM itu berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja.

"Ini yang penting, saya sangat menghargai mengapresiasi BRILilianpreneur ini yang saya lihat di depan produk-produk yang ditampilkan sangat baik, kemasan juga saya liat bagus-bagus brandingnya juga bagus-bagus," katanya.



Di sisi lain, ekspor UMKM saat ini baru mencapai 15,7%. Jumlah itu masih di bawah Singapura sebesar 41% dan Thailand 29%.

"Ini yang jadi pekerjaan besar kita dan yang selalu saya dorong yang berkaitan dengan pembiayaan yang harus dipermudah," ujar Jokowi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)