LRT Jabodebek Nyambung sampai Bogor, Kemenhub Bocorkan Lokasi Stasiun

Jum'at, 08 Desember 2023 - 09:59 WIB
loading...
LRT Jabodebek Nyambung sampai Bogor, Kemenhub Bocorkan Lokasi Stasiun
LRT Jabodebek akan sampai Bogor. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) memastikan bahwa kelanjutan proyek LRT Jabodebek hingga ke Bogor, Jawa Barat, akan terlaksana. Kelanjutan itu lantaran sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 49 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan kajian terkait kelanjutan proyek LRT Jabodebek hingga ke Bogor.

"Itu juga kita studikan ya, karena kan masih menindaklanjuti perpresnya untuk di pembangunan itu," kata Risal di Stasiun LRT Jabodebek Halim, Jakarta, dikutip Jumat (8/12/2023).

Risal mengatakan bahwa dalam kajian ataupun pembahasan dengan stakeholder terkait terdapat tiga opsi lokasi stasiun LRT Jabodebek di Bogor. Di antaranya di kawasan Baranangsiang, di kawasan Ciawi, dan kawasan Tanah Baru.

"Rencananya ke Baranangsiang. Ada juga usulannya sampai ke Ciawi, ada juga ke Tanah Baru dulu awalnya. Tapi terakhir informasinya sih ke Baranangsiang lagi," katanya.

Risal menyebutkan nantinya jalur LRT Jabodebek ini akan berada di sisi jalan Tol Jakarta Bogor Ciawi (Jagorawi).

"Ya lewat Jagorawi pastinya. Jalurnya akan berada di sisi jalan," kata Risal.

Sebelumnya, Risal menargetkan studi kelayakan (feasibility study/FS) terkait kelanjutan proyek LRT Bogor selesai pada tahun 2024.



"Saat ini masih FS. Pokoknya 2024 sudah selesailah FS dan studi-studinya," kata Risal.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)