Libur Nataru, Mayoritas Kendaraan Bakal Padati Tol Trans Jawa

Jum'at, 08 Desember 2023 - 11:25 WIB
loading...
Libur Nataru, Mayoritas Kendaraan Bakal Padati Tol Trans Jawa
Jasa Marga memprediksi peningkatan lalu lintas tertinggi di jalan tol Jasa Marga Group masih menuju arah Timur/Trans Jawa. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan bahwa Jasa Marga memprediksi saat libur nataru peningkatan lalu lintas tertinggi di jalan tol Jasa Marga Group masih menuju arah Timur/Trans Jawa.

Subakti menjelaskan, mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar wilayah Jabotabek menuju Timur/Trans Jawa dan Bandung mencapai 46,7% yang kemudian diikuti oleh lalu lintas yang menuju Barat/Merak sebesar 30,9% dan menuju Selatan/ sebesar 22,4%.

Untuk menghadapi lonjakan lalu lintas ini, Subakti Sukur menjelaskan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral yang intensif dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

"Antara lain dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator PMK, Kementerian PUPR (Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol), Kepolisian (Korlantas dan Polda) serta pemerintah daerah setempat," kata Subakti Syukur dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12/2023).



Selain itu Subakti juga menjelaskan kesiapan Jasa Marga dalam memberikan pelayanan yang optimal selama libur Nataru 2023/2024 di wilayah Jawa Timur, dengan terus meningkatkan layanan preservasi, peningkatan layanan operasional, peningkatan layanan rest area, hingga pengoperasian ruas baru.

Selain itu, Jasa Marga juga meningkatkan kapasitas lajur di Jalan Tol Surabaya-Gempol segmen Sidoarjo s.d Porong (KM 757 s.d KM 762) semula 2 lajur menjadi 3 lajur (Jalur A & B). Kemudian pada di Nataru 2023/2024 kali ini Jalan Tol Surabaya-Mojokerto juga terintegrasi dengan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di KM 724 SS Wringinanom.



Adapun pengoperasian rest area di ruas jalan tol wilayah Jawa Timur adalah sebanyak 14 lokasi dengan penambahan kapasitas parkir, kebersihan bilik toilet dan masjid di KM 725 A Surabaya-Mojokerto, cadangan air bersih, memastikan kecukupan BBM untuk para pengendara, penambahan petugas, posko kesehatan dan polisi, serta rubbercone untuk contraflow.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)